SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota Brimob Polda NTT mengikuti apel bersama sebagai persiapan masuk dalam Satgas Damai Cartenz di Papua, di Polda NTT, Jumat (2/12/2022). (ANTARA/Kornelis Kaha)

Solopos.com, KUPANG – Sebanyak 105 personel Brimob Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) dikirim ke Papua menyusul gugurnya seorang anggota Brimob akibat baku tembak dengan KKB Papua.

Ke-105 personel Brimob Polda NTT itu bergabung ke Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz di Papua.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma seusai memimpin Apel Gelar Pasukan Persiapan Satgas Damai Cartenz di Kupang, Jumat (2/12/2022), menjelaskan Polda NTT dipercaya Mabes Polri menyiapkan satu Kompi Brimob untuk ditugaskan dalam Satgas Operasi Damai Cartenz.

“Kita dipercaya Mabes Polri, khususnya Korps Brimob untuk menyiapkan satu kompi atau sejumlah 105 orang untuk ditugaskan dalam Operasi Damai Cartenz di Papua,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Anggota Brimob Diadang lalu Ditembaki di Papua, 2 Tertembak, 1 Gugur

Mantan Kadiv Hubungan Internasional Mabes Polri itu mengatakan tim dari Korps Brimob melakukan assessment terhadap personel Brimob yang terpilih sejauh mana kesiapannya serta perlengkapan.

“Saat ini dilaksanakan kegiatan asesmen dari Tim Pusat Korps Brimob untuk melihat sejauh mana kesiapan personel maupun perlengkapan yang dimiliki,” ujar dia.

Baca Juga: Breaking News, 1 Anggota Brimob Gugur dalam Baku Tembak dengan KKB Papua

Sejumlah personel ini akan diberangkatkan ke Papua pada Minggu (4/12/2022) menuju Jakarta untuk menjalani latihan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, bersama anggota Brimob lainnya.

Ia mengatakan Kompi Brimob Polda NTT yang akan diberangkatkan ke Papua ini merupakan penunjukan langsung dari Dankor Brimob Polri.

“Ini merupakan satu kepercayaan, artinya Brimob NTT mampu melaksanakan tugas dengan baik. Melaksanakan pengamanan, perlindungan, dan pelayanan kepada masyarakat di daerah operasi sehingga dipercaya lagi untuk diberangkatkan,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Sipil Manokwari Ditembak Tanpa Alasan, Polisi Buru Pelaku

Dia menambahkan pasukan Brimob Polda NTT akan melaksanakan tugas selama satu tahun di Papua sebagai daerah operasi guna bertugas menjaga, memberikan rasa aman kepada masyarakat, dan menjamin situasi kamtibmas yang kondusif.

Di daerah operasi, katanya, pasukan Brimob Polda NTT akan melaksanakan tugas pengamanan, perlindungan, dan pelayanan masyarakat, termasuk upaya untuk mengajak, meyakinkan warga yang masih menentang NKRI untuk bersatu dengan NKRI.

Baca Juga: Sejarah, Letkol Eko Setiawan Komandan Pertama Kodim Pegunungan Arfak Papua

Kapolda NTT memberikan pesan kepada personel agar menjalankan tugas dengan baik, disiplin, sesuai prosedur, dan melayani masyarakat dengan hati.

Sementara itu, jenazah anggota Satuan Brimob Polda Lampung Bripda Gilang Aji Prasetyo yang meninggal dunia akibat serangan dari KKBP Papua pada Rabu (30/1/2022) disemayamkan di kampung halamannya di Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten, Lampung Selatan.

“Jenazah telah diberangkatkan ke kampung halamannya, ke rumah keluarganya di Lampung Selatan pagi ini,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Jumat.

Baca Juga: Jenazah 4 Pekerja Korban KKB Papua Diterbangkan ke Kampung Halaman

Ia mengatakan nantinya sesampai di kediaman keluarganya jenazah akan disalati dan langsung menuju permakaman yang berada di Kecamatan Merbau Mataram.

“Dalam hal ini tentunya kita semua berduka yang mendalam atas gugurnya seorang prajurit Bhayangkara Brigadir 1 Anumerta Gilang Aji Prasetyo,” kata dia.

Baca Juga: Hendak Ambil Uang di ATM, OTK Tembak Mati Anggota Polres Yahukimo Papua

Personel Satuan Brimob Polda Lampung tersebut meninggal ditembak orang tak dikenal di Jembatan 2 Jalan Poros Logpon KM 7, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, Rabu pukul 16.15 WIT.

Insiden tersebut berawal dari terjadi pengadangan di pegunungan yang dilakukan oleh OTK terhadap personel Satgas Ops Damai Cartenz Pos Logpon.



Para personel diadang setelah selesai melaksanakan patroli di sekitar Kota Dekai dan akan kembali ke Pos Logpon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya