SOLOPOS.COM - Jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

JOGJA-Sepanjang Jalan Malioboro akan dikhususkan bagi pejalan kaki pada malam Tahun Baru 2013, kata Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Komisaris Besar Polisi Bambang Pristiwanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Satu jam sebelum pukul 00.00 WIB sepanjang Jalan Malioboro telah steril dari kendaraan dan hanya dikhususkan bagi pejalan kaki,” katanya di Jogja, Jumat (28/12/2012).

Dia mengatakan pengalihan lalu lintas dari kawasan Malioboro akan dilakukan secara bertahap mulai dari bus, kendaraan pribadi roda empat, dan terakhir kendaraan roda dua, mulai pukul 19.00 WIB.

“Jadi nanti pukul 19.00 WIB, bus sudah bisa dipastikan tidak ada di kawasan Malioboro, kemudian pukul 22.00 WIB kendaraan roda empat dan terakhir pada pukul 23.00 WIB sepeda motor sudah tidak boleh masuk dan tidak ada di kawasan Malioboro.Tidak ada lagi sepeda motor yang parkir di titik Nol,”katanya.

Bersamaan dengan pengalihan arus dan sterilisasi kendaraan di kawasan Malioboro, lanjut dia, juga akan dilakukan sistem buka tutup jalan.

Dengan disterilkannya Malioboro dari unsur kendaraan, kata dia, pihaknya akan menyediakan tempat-tempat parkir yang strategis yang tidak terlalu jauh dari kawasan tersebut.

Tempat-tempat parkir tersebut, jelas dia, berada di empat titik yaitu tempat parkir Ngabean untuk kendaraan dari arah Barat, Taman Pintar dan Senopati untuk kendaraan dari arah timur dan Abu Bakar Ali atau Kridosono untuk arah dari Utara.

Selama pengalihan arus tersebut, kata dia, kendaraan tidak diperkenankan masuk menuju jalur utama di kawasan Malioboro melainkan hanya diperbolehkan melewati jalur penyangga di antaranya Jalan Mataram untuk kendaraan dari arah Timur dan Jalan Letjen Suprapto dari arah Barat.

Selanjutnya, dia mengatakan, untuk pengalihan atau perubahan arus lalu lintas saat malam Tahun Baru tersebut juga akan dilakukan di tempat-tempat wisata lainnya seperti di Objek Wisata Kaliurang dan Parang Tritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya