SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), berdiskusi bersama Suwarmin, Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Group (SMG) saat acara Wedangan Mas Warmin di Wedangan Sopo Ngiro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (17/5/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRIBupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir di wilayahnya. Orang nomor satu di Pemkab Wonogiri itu juga bicara tentang mudiknya perantau (kaum boro) pada momen Lebaran 2022 hingga program pengentasan penduduk miskin.

Topik tersebut diobrolkan santai saat acara Wedangan Mas Warmin di Wedangan Sopo Ngiro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (17/5/2022). Pembicaraan itu dipantik Suwarmin, pembawa acara. Talkshow selama lebih kurang 1 jam itu digelar dalam rangka Hari Jadi ke-281 Kabupaten Wonogiri.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mas Warmin, begitu ia akrab disapa, meminta tanggapan Bupati atas upaya BPR BKK Wonogiri dalam mengatasi masalah merebaknya rentenir di Wonogiri melalui kredit Mentari. Menurut Direktur Bisnis dan Konten Solopos Media Grup (SMG) itu, ada fenomena menarik terkait Mentari, terutama selama dua tahun belakangan ini.

“Selama dua tahun pandemi Covid-19 masyarakat memilih menghabiskan tabungan. Tapi selama dua tahun itu [2020-2021] jumlah nasabah BPR BKK Wonogiri malah naik, agak anomali,” ucap Mas Warmin.

Ekspedisi Mudik 2024

Bupati yang akrab disapa Jekek tersebut menyampaikan jumlah nasabah bertambah karena banyak warga yang menjadi korban jeratan rentenir mengakses kredit Mentari. Bunga kredit di rentenir tinggi sehingga memberatkan.

Baca Juga: Waduh! Penduduk Miskin di Wonogiri Bertambah, Ini Kata Bupati Jekek…

Di sisi lain, bunga kredit Mentari jauh lebih rendah daripada bunga yang diberlakukan rentenir. Oleh karena itu, kredit Mentari diminati masyarakat. Terlebih BPR BKK Wonogiri merupakan lembaga keuangan resmi.

“Masalah rentenir itu susah membuktikannya karena yang butuh dan meminjami uang sudah memiliki kesepakatan. Pemkab Wonogiri di bagian ini tidak ada kerugian sebenarnya,” kata Bupati.

Kaum Boro

Dia lalu menyoroti fenomena kaum boro atau perantau yang pada momentum Lebaran 2022 lalu mudik. Dia meyakini perputaran uang besar. Walaupun pembicaraan mengenai kontribusi perputaran uang itu belum dihitung dan dirinci.

Baca Juga: Khidmat, Upacara HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri Libatkan Nelayan WGM

“Jika dilihat alur kepadatan jalannya luar biasa, kami optimistis. Tapi kalau dari RPJMD [Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah], 30% kontribusinya dari petani,” imbuhnya.

Bupati juga mengaitkannya dengan pengentasan penduduk miskin yang harus segera diselesaikan. Saat disinggung Mas Warmin soal target Pemkab akan mendorong pariwisata ke arah mana, Bupati akan membangun interkoneksi antarwisata.

“Destinasi wisata harus jadi satu kerangka agar dapat direvitalisasi. Pihak swasta, BUM Desa [Badan Usaha Milik Desa], dan Pemkab yang semua mengelola wisatanya masing-masing akan diundang. Akan dibahas kebijakan untuk kemudahan perizinan,” ucap Bupati.

Baca Juga: Perayaan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri Berlangsung Sederhana, Kenapa?

Kolaborasi

Dia menyebut kolaborasi antarpihak adalah poin penting untuk mendorong kemajuan. Kolaborasi itu tak hanya pada bidang pariwisata, tetapi juga terkait program-program lain yang satu sama lain saling terkoneksi.

“Seperti pada pertumbuhan ekonomi yang saat ini harus diimprovisasikan agar jadi pendobrak untuk memberi daya dorong. Kami akan menggandeng UMKM agar kita menjadi satu kesatuan, baik itu pelaku UMKM dan kuliner. Selain itu, program-program lain juga dapat dilaksanakan berkelanjutan, seperti pengentasan kekeringan dan pendidikan. Itu berkelanjutan karena itu program mandataris,” kata Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya