SOLOPOS.COM - Logo KPK. (Antara-Benardy Ferdiansyah)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 1.650 pengaduan dari masyarakat terkait penyaluran bantuan sosial alias bansos telah diterima Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan publik ke KPK itu tercatat melalui aplikasi JAGA Bansos per 9 November 2020.

Plt. Juru Bicara KPK Ipi Maryati mengatakan pengaduan yang paling banyak disampaikan adalah pelapor tidak menerima bansos padahal sudah mendaftar. Tercatat ada 730 laporan seperti itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

BTS Raih 4 Trofi MTV Europe Music Awards

"Selain itu, ada enam topik keluhan lainnya yang juga disampaikan pelapor, yaitu bantuan tidak dibagikan oleh aparat sebanyak 163 laporan," ucap Ipi dalam keterangan resmi yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (15/11/2020).

Topik pengaduan bansos KPK selanjutnya adalah bantuan dana yang diterima jumlahnya kurang dari yang seharusnya berjumlah 115 laporan. Lalu, daftar bantuan tidak ada (penerima fiktif) berjumlah 75 laporan.

Kualitas Bantuan Buruk

Kemudian, mendapatkan bantuan lebih dari satu berjumlah 18 laporan, bantuan yang diterima kualitasnya buruk 12 laporan, seharusnya tidak menerima bantuan tetapi menerima bantuan enam laporan, dan beragam topik lainnya total 531 laporan.

Ipi mengatakan dari total 1.650 keluhan, sebanyak 559 laporan telah selesai ditindaklanjuti oleh pemda terkait.

Smartwatch Tak Mesti Persegi, Ini Alternatifnya…

Kemudian sebanyak 139 laporan pengaduan terkait penyaluran bansos yang diterima KPK sedang dalam proses tindak lanjut, 647 laporan masih dalam proses verifikasi, dan 226 lainnya masih menunggu konfirmasi dan kelengkapan informasi dari pelapor.

"Selain itu, KPK juga mencatat terdapat 79 keluhan yang belum ditindaklanjuti pemda," ujarnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya