Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

1.500 Peserta Meriahkan Gowes Wonogiri, Doorprize Sepeda jadi Incaran

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar fun bike  bertajuk Gowes Nyawiji yang diikuti sedikitnya 1.500 peserta dari berbagai daerah di Wonogiri, Sabtu (13/8/2022) pagi.
SHARE
1.500 Peserta Meriahkan Gowes Wonogiri, Doorprize Sepeda jadi Incaran
SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (tengah), memimpin kegiatan fun bike bertajuk Gowes Nyawiji dari MPP hingga Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu (13/8/2022). Sedikitnya 1.500 peserta mengikuti kegiatan yang merupakan bagian dari Festival Agustus Merdeka ini. (Istimewa/Humas Pemkab Wonogiri).

Solopos.com, WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar fun bike  bertajuk Gowes Nyawiji yang diikuti sedikitnya 1.500 peserta dari berbagai daerah di Wonogiri, Sabtu (13/8/2022) pagi.

Gowes tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Agustus Merdeka 77 yang diadakan Pemkab Wonogiri.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Pantuan Solopos.com pagi itu, gowes dimulai persis setelah peresmian pembangunan mal pelayanan publik (MPP) Wonogiri sekitar pukul 06.00 WIB.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, berada paling depan sekaligus menjadi pemimpin rombongan pesepeda dengan dikawal dua polisi yang mengendarai dua motor. Gowes berakhir di Alun-alun Giri Krida Bakti sekitar pukul 07.30 WIB.

Para peserta berkumpul di alun-alaun dan dilanjutkan bagi-bagi doorprize. Ada beberapa barang yang menjadi hadiah doorprize seperti sepeda, kompor, kipas angin, dan kulkas.

Baca juga: Bupati Jekek Wonogiri akan Gowes Akhir Pekan Ini, di Sini Startnya?

Pengundian doorprize diselingi dengan hiburan musik yang diisi oleh grup musik dari sponsor acara. Para peserta pun sangat antusias dan ceria tidak menampakkan lelah meski baru saja bersepeda sejauh 13 km.

Sementara di belakang, rombongan pesepeda mengular sepanjang lebih kurang tiga km. Mereka datang dari berbagai kecamatan di Wonogiri. Banyak dari mereka datang rombongan dari beberapa kecamatan.

Tampak pula beberapa pejabat organisasi perangkat daerah yang mendampingi Bupati Jekek, sapaan akrab Joko Sutopo.

Di sela-sela perjalanan, Bupati Jekek tak sungkan menghampiri warga yang berdiri di tepi-tepi jalan. Tak jarang mereka mengajak orang nomor satu di Wonogiri itu berswafoto. Jekek pun dengan sedia melayaninya.

Jekek pun kerap melambai-lambaikan tangan kepada warga yang berada di depan rumah mereka. Mereka tampak mesra.

Baca juga: Meriahkan Tour de France 2022, Komunitas Sepeda Gowes dan Nonbar Bareng

“Ini merupakan upaya kami untuk membangun optimisme publik di era baru pandemi covid-19. Seperti slogan kami, yaitu pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” kata Jekek.

“Kami ingin masyarakat kembali bangkit. Ekonomi kembali menggeliat, tumbuh. Sehingga masyarakat kami bisa maju, mandiri, dan sejahtera,” kata Bupati Wonogiri, Jekek ketika berbincang kepada Solopos.com di sela-sela istirahat gowes di Desa Pokoh Kidul.

Jekek menjelaskan titik mulai gowes sengaja ditempatkan di depan MPP yang sedang mulai dibangun. Selain mengumumkan kepada warga Wonogiri bahwa mereka akan memiliki MPP dalam waktu dekat, juga sebagai simbol kebangkitan Kabupaten Wonogiri.

Pemkab ingin menunjukan, meski di tengah-tengah situasi Covid-19, Kabupaten Wonogiri masih mampu membangun infrastruktur untuk kepentingan publik.

Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat  harus dimaknai sebagai sebuah komitmen kami untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini. Hal ini juga sebagai ikhtiar kamu untuk memberikan layanan yang terbuka, transparan, dan memberikan aspek kemanfaatan bagi seluruh warga Wonogiri,” ujar dia.

Baca juga: Untaian Doa Warganet untuk Kesembuhan Gubernur Ganjar Pranowo

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Haryanto, menuturkan jumlah peserta gowes tidak kurang dari 1.500 orang. Mereka datang dari berbagai daerah di Wonogiri untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Indonesia.

Gowes menempuh jarak 13 km dimulai dari MPP  melewati pintu air Waduk Gajah Mungkur, Desa Pokoh Kidul, Bulusulur, dan Wonoboyo sampai di Alun-alun Giri Krida Bakti.

“Kegiatan ini murni rangkaian dari kegiatan peringatan HUT kemerdekaan Indonesia. Walaupun masih pandemi, tapi kita mencoba untuk memulai membangkitkan kembali masyarakat dengan kegiatan seperti ini sekaligus sebagai hiburan. Sehingga timbul optimisme masyarakat,” kata Haryanto saat dijumpai Solopos.com di Alun-alun Giri Krida Bakti.

Salah seorang peserta dari Selogiri, Marhento, 65, menyampaikan dirinya mengikuti kegiatan gowes karena memang hobi bersepeda. Dia datang bersama tiga temannya bersepeda dari Selogiri. Selain itu, bersepeda membuat tubuhnya menjadi sehat. 

Baca juga: Mantap! Wali Kota Kediri Kayuh Sepeda 45 Km ke Blitar untuk Teken MoU

“Iya ini sekaligus memeriahkan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Dan Alhamdulillah dapat hadiah doorprize satu sepeda. Tapi ini saya masih bingung bagaimana cara bawa ke rumahnya,” ungkap Marhento.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode