SOLOPOS.COM - Sebanyak 1.300-an volunteer mengikuti pelatihan menjelang pelaksanaan ASEAN Para Games di Hotel Solo Paragon, Kamis (21/7/2022) pagi. (Solopos.com/ Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 1.300-an volunteer ASEAN Para Games (APG) 2022 memulai pelatihan di Hotel Solo Paragon pada Kamis (21/7/2022) pagi. Mereka bakal bertugas sebagai garda depan dalam pelaksanaan APG di Kota Solo pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Wakil Ketua Administrasi Pertandingan, Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc), Bayu Rahardian, mengatakan persiapan kali ini menjadi awal sebelum volunteer bertugas sebagai muka APG 2022. Mulai dari peserta tiba di Indonesia bakal berhadapan langsung dengan volunteer.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Inaspoc bakal memberi pelatihan umum seperti implementasi tema APG dan khusus sesuai bagian masing-masing seperti transportasi.

Baca Juga: Pembukaan APG 2022 di Stadion Manahan, Gibran Pastikan Rumput Aman

“Mereka di sini tentunya akan diberikan berbagai macam materi secara komprehensif agar siap menerima atlet disabilitas. Semua sifatnya terbuka, ada 6.500 pendaftar dan 1.300 kami terima,” kata dia.

Dia menambahkan penyelenggara memiliki kualifikasi khusus dalam proses seleksi volunteer. Proses seleksi terbagi dalam beberapa tahap dan yang lolos menjadi volunteer merupakan terpilih.

“Bidang khusus seperti kedatangan, transportasi, dan divisi lain. Setelah pelatihan mereka mulai bergerak, pelatihan tiga hari,” kata dia.

Baca Juga: Resmi, Ini Venue ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo

Wakil Ketua 3 NPC Indonesia, Sukanti Rahardjo, mengatakan volunteer di Indonesia terkenal baik khususnya ramah dan sikap siap terbantu. Salah satu dari keberhasilan volunteer yakni pelatihan.

“Pelatihan ini tahap awal dan tahap penting. Mentor dari NPC dan pihak-pihak pariwisata. Ada NGO yang bergerak di bidang disabilitas,” kata dia.

Salah seorang volunteer, Arif Sulistyo, 25, warga Mojosongo, Solo, mengatakan sengaja mendaftar sebagai volunteer karena ingin mendapat pengalaman baru. Apalagi dia aktif di bidang olahraga khususnya event internasional. Dia mengaku cara mendaftar sebagai volunter sangat mudah.

Baca Juga: Gibran Sebut Warga Solo Antusias Sambut APG Solo XI 2022, Ini Faktanya

“Kalau event internasional baru pertama kali ikut. Saya bertugas di klasifikasi pertandingan,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya