SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menunggu kabar resmi pemerintah pusat ihwal pemberangkatan jemaah haji tahun ini.

Ada kisaran 1.200-1.300 orang jemaah calon haji (Calhaj) Klaten yang menunggu pemberangkatan. Kepala Kantor Kemenag Klaten, Hariyadi, mengatakan pemerintah Arab Saudi sudah membuka keran penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Bahkan, pemerintah Arab Saudi sudah mencabut sejumlah aturan terkait protokol kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tidak ada pembatasan jarak, kemudian tidak ada karantina. Kami kira dengan perkembangan baru seperti ini, kami di Indonesia terus menyiapkan diri. Harapannya tentu jemaah haji bisa diberangkatkan tahun ini,” kata Hariyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/3/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Menag Terus Upayakan Kuota Haji Indonesia Tahun Ini

Meski keran pemberangkatan haji telah dibuka kembali, Kemenag Klaten masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat. Hingga kini, katanya, belum ada informasi ihwal kuota jemaah haji yang bakal diberangkatkan tahun ini.

Sembari menunggu informasi resmi, lanjutnya, Kemenag Klaten mulai melakukan sejumlah persiapan. “Kami mulai memberikan informasi kepada jemaah. Sekiranya nanti pada saatnya diberangkatkan, jemaah sudah siap,” ungkap Hariyadi.

Baca Juga : Selfie hingga Rekam Video Terlarang di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Hariyadi menjelaskan 1.200-1.300 calhaj Klaten itu menunggu pemberangkatan selama dua tahun. “Ada yang meninggal dan sebagainya. Kemarin sudah dilakukan semacam pelimpahan porsi. Ketika ada yang meninggal bisa diwariskan. Kemudian mungkin ada yang menjalani kasus hukum dan sebagainya. Saat ini kami terus menyiapkan. Tetapi sekali lagi, kami tetap menunggu informasi resmi dari pemerintah,” jelas dia.

Mengutip laman resmi Kementerian Agama, kemenag.go.id, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan pelonggaran protokol kesehatan yang tertuang dalam edaran Otoritas Bandara Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) per 5 Maret 2022.

Baca Juga : Sudah 20 Kali Naik Haji, Ini Komentar Pimpinan KBIH Solo soal Dana Haji

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief, yakin kebijakan tersebut akan berdampak pada penyelenggaraan haji tahun ini. Hilman optimistis ada pemberangkatan jemaah asal Indonesia meski pihaknya masih menunggu keputusan Arab Saudi.

“Kemenag terus berkoordinasi dan jalin komunikasi dengan Kementerian Haji Arab Saudi serta pihak-pihak terkait. Kepastian haji tinggal tunggu keputusan Saudi,” tegas Hilman pada Acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Rabu (16/03/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya