SOLOPOS.COM - Seribuan santri mengikuti ujian Munaqosah Wisuda Akbar Klaten Menghafal #5 di Gedung Srikandi, Kecamatan Karanganom, Minggu (28/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 1.200 santri mengikuti ujian Munaqosah Wisuda Akbar Klaten Menghafal #5. Kegiatan itu digelar Yayasan Guru Ngaji Berdaya Klaten di Gedung Srikandi, Kecamatan Karanganom, Minggu (28/11/2021).

Klaten Menghafal menjadi agenda rutin dan tahun ini memasuki tahun kelima. Ketua Panitia Ujian Munaqosah Klaten Menghafal, Dhohir Subagyo, menjelaskan kegiatan itu dimaksudkan untuk membumikan Al-Qur’an terutama di Kabupaten Bersinar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Secara umum, kami ingin memberikan motivasi para santri membaca Al-Qur’an. Khususnya bagaimana para santri cinta dan hafal Al-Qur’an. Di acara Munaqosah ini ada 1.200 santri yang diuji untuk diambil 500 terbaik untuk mengikuti wisuda Akbar,” tutur pria yang akrab disapa Kang Dhohir itu berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Ahli Waris Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Bikin Surat Kesepakatan

Ujian dilakukan dengan masing-masing santri menghafal di hadapan penguji. Satu per satu santri diuji mulai dari tajwid, cara pengucapan, hukum bacaan, hingga kelancaran dalam membaca. Kriteria santri yang diuji berdasarkan surat yang dihafalkan.

“Ada santri kriteria A yang diujikan surat An-Naba’. Kriteria B dengan materi ujian surat Al-Mulk dan C dengan materi ujian surat Ar-Rahman. Rencana tahun depan juz 30,” kata Dhohir sekaligus Ketua Yayasan Guru Ngaji Berdaya Klaten.

Salah satu santri, Aftani, 9, mengatakan sudah mempersiapkan diri selama beberapa pekan untuk bisa mengikuti ujian tersebut. “Alhamdulillah tadi hafalan saya lancar. Tadi waktu menunggu saya gunakan untuk hafalan Al-Qur’an. Tadi juga dapat lima sahabat baru,” kata dia.

Baca Juga: Minat Baca Memuaskan, Solo Butuh Rumah Baca Berbasis RW

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya