SOLOPOS.COM - Bus mudik gratis dari Kemenhub mulai berdatangan ke Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (29/4/2022) dini hari. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO – Bus penumpang program balik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Provinsi DKI Jakarta akan berangkat serentak dari Terminal Tirtonadi Solo, Minggu (8/5/2022).

Petugas event organizer mudik gratis Pemprov DKI Jakarta, Mila Jamilah mengatakan ada sekitar 1.200 penumpang yang telah terdaftar untuk berangkat besok pagi. Pemberangkatan rencananya dimulai pukul 10.00 WIB dengan titik pemberangkatan Terminal Tirtonadi Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saat ini 1.200 orang. Besok pagi [berangkatnya] rencananya pukul 10.00 WIB,” jelas Mila saat ditemui Solopos.com, Minggu (7/5/2022).

Bus mudik gratis Pemprov Jakarta tersebut diperkirakan tiba di Terminal Pulogebang Senin (8/5/2022) sekitar pukul 21.00 WIB.

Dari 1.200 penumpang yang terdaftar, Mila mengatakan masih ada cek dan daftar ulang penumpang pada Minggu pagi. Hal itu untuk menyesuaikan dan mencocokkan data diri dan perlengkapan administrasi penumpang.

Baca Juga: Catat Lur! Ini Jadwal Perjalanan Balik Mudik Gratis Kemenhub Dari Solo

“Saat ini sudah penuh tapi kami besok ada daftar ulang. Realisasinya dilihat besok. Scan ulang tiketnya,” imbuh dia.

Sementara itu, sebanyak 25 sepeda motor tengah ditata oleh tim mudik gratis Pemprov DKI Jakarta untuk diberangkatkan Minggu sore.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, ada dua truk pengangkut sepeda motor yang telah bersiap. Sementara para petugas tampak menata sepeda motor di atas truk sekitar Minggu pukul 12.30 WIB.

“Ada 25 motor. Untuk tujuan akhir [Terminal] Pulogadung. Untuk motor hari ini [pemberangkatan]. Karena kita sudah closing pukul 12.00 WIB,” jelas Mila.

Baca Juga: Data Program Mudik Gratis Lebaran 2022 Solo

Sementara itu sekitar 990 penumpang program balik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah terdaftar dan tervalidasi pada Minggu pukul 12.30 WIB. Hal tersebut disampaikan oleh Yeldi Ramadan, petugas event organizer program mudik gratis Kemenhub.

Jumlah tersebut termasuk data penumpang yang mendaftar bersamaan dengan mereka mengirimkan sepeda motornya, Kamis (5/5/2022).

“Sampai 12.30 WIB, total ada sekitat 990 penumpang terdaftar dan tervalidasi,” terang Yeldi.

Yeldi menambahkan Kemenhub menyediakan sekitar 1400-an kursi untuk arus balik. Dari total tersebut terbagi menjadi 34 bus.

Baca Juga: 17 Bus Mudik Gratis Tiba di Klaten Setelah 14 Jam Perjalanan

Sebanyak 12 bus dengan tujuan akhir Terminal Poris, 11 bus dengan tujuan akhir Kampung Rambutan, dan 11 bus dengan tujuan akhir Pulogebang.

“Biasanya hari H begitu. Karena mungkin penumpang dari Ngawi, daripada bolak-balik mungkin,”

Bus tersebut rencananya berangkat Minggu pukul 10.00 WIB. Bersamaan dengan bus dari program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta dan didahului seremoni bersama elemen pemerintah dan terminal.

Baca Juga: Pemudik Pakai Kaus Anies Presiden saat Mudik Gratis, Ini Respons PSI

Untuk memastikan agar penumpang tidak terlambat, pihak EO akan menginformasikan imbauan kepada penumpang yang telah melakukan registrasi dan validasi melalui pesan tertulis.

Sementara sisanya, akan diimbau melalui pesan siaran atau WhatsApp blasst (pesan WhatsApp massal secara bersamaan tanpa menyimpan data kontak).

“Yang validasi kami infokan, datang lebih pagi sebelum 08.00 WIB. Kalau yang lain-lain kami infokan melalui WhatsApp blast,” imbuhhya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya