SOLOPOS.COM - Sejumlah mahasiswa asing dan lokal belajar menabuh gamelan bersama saat mengikuti Muria Cultural Program (MCP) di Universitas Muria Kudus, Jateng, Kamis (27/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Sebanyak 637 mahasiswa asing lolos belajar soal Indonesia

Solopos.com, JAKARTA— Dari total 1.087 pendaftar beasiswa Darmasiswa, hanya 637 mahasiswa asing yang lolos untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia di Tanah Air. Beasiswa Darmasiswa merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para mahasiswa asing akan mengikuti pendidikan di 55 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Mereka akan belajar bahasa dan budaya Indonesia. Jumlah tersebut adalah hasil seleksi dari 1.087 pendaftar dari 103 negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan hubungan baik antara Indonesia dengan negara lain harus ditingkatkan secara berkelanjutan. Tujuannya Indonesia dapat berkontribusi terhadap pembangunan perdamaian dan ketertiban dunia.

Kemendikbud selalu berkomitmen untuk berkontribusi terhadap peningkatan hubungan persahabatan tersebut. Program Darmasiswa merupakan salah satu cara untuk mewujudkan komitmen itu.

“Program ini, saya yakin, akan memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta untuk pertukaran budaya yang mengarah kepada saling pengertian antarpeserta. Bukan hanya dengan para pengajar, pembimbing dan sesama peserta, tetapi juga dengan sekeliling mereka,” ujar Mendikbud saat pembukaan orientasi kedatangan peserta Darmasiswa RI Tahun Akademik 2017/2018 di Jakarta, Rabu malam (30/8/2017).

Ia berharap para peserta Darmasiswa memiliki keingintahuan yang lebih untuk mengeksplorasi budaya Indonesia dan membagikan pengetahuan serta pengalaman tersebut kepada keluarga, saudara, dan teman-teman di negara mereka masing-masing.

“Saya berharap Anda semua dapat mengajak teman-teman Anda agar datang ke Indonesia untuk mempelajari bahasa, seni, dan budaya Indonesia. Bisa melalui program Darmasiswa maupun melalui program lainnya,” tutur Mendikbud seperti dilansir di website Kemendikbud, Kamis (31/8/2017).

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan Darmasiswa adalah program pemberian beasiswa nongelar selama satu tahun oleh Pemerintah Indonesia kepada mahasiswa asing dari negara-negara mitra/sahabat untuk belajar bahasa, seni, dan budaya Indonesia di perguruan tinggi/swasta di Indonesia.

Sejak dimulai pada 1974 lalu, program ini telah diikuti 7.852 peserta yang berasal dari 117 negara sahabat. Awalnya program ini hanya mengundang peserta dari kawasan ASEAN dengan peserta yang hanya sekitar puluhan orang.

Dengan pertimbangan bahwa program ini sangat strategis sebagai sarana diplomasi budaya, jumlah dan cakupan negara maupun peserta yang diundang ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya