SOLOPOS.COM - Wakil Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Solo, Kusmadi (kiri), dan Wakil Ketua Festival Keris, Bening Tri Suwasono, memberikan keterangan kepada wartawan di kampus ISI Mojosongo Solo, Kamis (23/11/2017). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Sebanyak 1.001 keris akan dipamerkan dalam Festival Keris.

Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo bekerja sama dengan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) akan menyelenggarakan Festival Keris di kampus II ISI Mojosongo, Solo, Sabtu-Selasa (25-28/11/2017). Sebanyak 1.001 keris dari berbagai penjuru Nusantara akan dipamerkan dalam festival tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Ketua Festival Keris, Bening Tri Suwasono, mengatakan festival tersebut diselenggarakan untuk mengenalkan keris kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda. Menurutnya, keris adalah salah satu warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam festival nanti akan dipamerkan sekitar 1.001 keris dan senjata tradisional dari berbagai daerah. Paling jauh, keris dan senjata tradisional dari Makassar juga akan ditampilkan,” tuturnya saat memberikan keterangan kepada wartawan di kampus ISI Solo Mojosongo, Kamis (23/11/2017).

Festival keris itu rencananya mulai dibuka Sabtu mendatang pukul 13.00 WIB di Galeri Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) kampus ISI Solo Mojosongo. Kegiatan dibuka dengan kirab keris dari gedung dekanat menuju Galeri Seni.

Festival Keris itu rencananya dihadiri oleh Ketua Umum SNKI, Fadli Zon. Festival yang menampilkan keris terbanyak se-Indonesia itu juga akan dihadiri ratusan delegasi paguyuban, empu, kolektor, dan pelaku budaya perkerisan lainnya yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara. Sesuai jadwal, SNKI akan menyelenggarakan Rapat Kerja ke-III di ISI Solo.

Selama festival, penyelenggara menghadirkan Seminar Kuratorial Keris & Senjata Tradisional Indonesia pada Minggu (26/11/2017). Pengunjung juga bisa menyaksikan pembuatan dan melakukan jual beli keris melalui Workshop Tempa, Dederan, Mendak & Warangka serta Bursa Keris & Senjata Tradisional Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya