SOLOPOS.COM - Ilustrasi tradisi syawalan Pesta Lomban di Jepara. (Dok. Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JEPARA — Pesta Lomban, tradisi tahunan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), untuk memeriahkan lebaran siap digelar, Rabu (17/4/2024). Tradisi ini digelar setiap sepekan setelah Lebaran dengan ditandai pelarungan kepala kerbau di laut.

Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengaku telah menyiagakan ratusan personel untuk mengamankan jalannya pesta lomban. “Jumlah personel yang kam siagakan mengawal jalannya Pesta Lomban Jepara sebanyak 480 personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Basarnas, dan pemangku kepentingan lainnya,” ujar Kapolres Jepara, Selasa (16/4/2024).

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Pesta lomban akan dimulai dari penyembelihan hewan kerbau, ziarah makam leluhur, pertunjukan wayang di TPI Ujungbatu hingga rangkaian lomban di TPI Ujung Batu, perairan Jepara, dan festival kupat lepet di Pantai Kartini Jepara.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami juga akan menyiapkan petugas di titik strategis atau titik kumpul warga. Selain itu, juga disiagakan personel di lokasi wisata yang ada di Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Ia mengakui sebelumnya juga sudah melakukan rapat koordinasi dan menyiapkan formasi pengawalan. Salah satu yang menjadi perhatian, yakni saat pelarungan kepala kerbau di tengah laut.

Dengan adanya pengawalan terhadap masyarakat atau pengunjung yang menaiki kapal, setidaknya tradisi tersebut berjalan aman dan lancar.

“Kami juga mengimbau setiap kapal yang hendak mengikuti lomban untuk melengkapi dengan fasilitas keselamatan. Seperti life jacket [jaket pelampung],” ujarnya.

Sementara itu, Kasubsi Penerangan Masyarakat (Penmas) Seksi Humas Polres Jepara, Ipda Puji Sri Utami, meminta warga yang hendak mengikuti pesta lomban kupatan di laut Jepara, agar memakai jaket pelampung sebagai upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia juga meminta para pemilik perahu yang ikut pesta lomban kupatan untuk menyediakan jaket pelampung sehingga semua penumpangnya dipastikan memakai alat keselamatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya