SOLOPOS.COM - Ilustrasi merasa sedih. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketika liburan panjang saat Lebaran telah selesai muncul rasa sedih, karena itu ketahui cara mengatasinya agar Anda kembali bersemangat menjalani aktivitas. Untuk menjaga kesehatan mental, simak ulasannya di tips sehat ini.

Rehat atau cuti panjang dari rutinitas untuk berganti suasana baru memang menyenangkan dan membuat terhindar dari kebosanan. Namun, setelah menjalaninya dan harus kembali ke rutinitas biasanya tak jarang rasa sedih muncul. Hal ini menjadikan suasana hati menurun seketika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari healthline.com pada Sabtu (20/4/2024), terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sedih setelah liburan selesai yaitu:

1. Berhubungan dengan teman dan keluarga

Jika liburan telah meninggalkan Anda lebih banyak makna dalam hidup, hubungi orang-orang yang penting bagi Anda. Pertimbangkan untuk menjalin kembali hubungan dengan teman-teman lama dan anggota keluarga untuk berbagi makanan atau percakapan. Anda mungkin mulai merasa dunia Anda kembali berpusat.

“Koneksi adalah bagian integral dari hidup kita, dan liburan seringkali merupakan waktu koneksi yang dalam dengan orang-orang yang kita kunjungi atau perjalanan bersamanya. Memelihara rasa koneksi setelahnya penting,” kata Melody Ott, seorang pekerja sosial klinis berlisensi.

2. Dokumentasikan dan berbagi kenang-kenangan

Cara berikutnya untuk mengatasi rasa sedih yang muncul setelah liburan selesai yaitu mencetak, menata, dan mengunggah kenang kenangan liburan dapat dilakukan untuk memperpanjang pengalaman tersebut.  Pertimbangkan untuk mencatat beberapa catatan atau menyertakan tiket masuk dari perjalanan Anda jika Anda menyimpannya.

Jika Anda memiliki bakat seni, Anda dapat kembali mengunjungi tempat liburan Anda dengan melukis, membuat patung, atau menggambar adegan yang berkesan.

3. Pergi keluar

Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak orang menghabiskan lebih dari 90 persen hidup mereka di dalam ruangan. Ketika seseorang menghabiskan waktu di alam, penelitian menyoroti suasana hati mereka meningkat dan tingkat stres turun. Mereka juga tidur dengan lebih baik serta kesehatan fisik juga meningkat.

Faktanya, berjalan-jalan singkat secara teratur di alam mungkin memiliki efek menenangkan dan memulihkan yang sama dengan liburan yang baik.

4. Bersihkan dan rapikan tempat tinggal

Cara berikutnya mengatasi rasa sedih setelah liburan selesai yaitu membersihkan dan merapikan tempat tinggal. Jika ruang Anda terasa membuat stres, berantakan, atau dalam kondisi sangat sulit diperbaiki, itu dapat memengaruhi suasana hati Anda secara negatif. Mengubah ruang tersebut, bahkan dengan cara kecil, dapat meningkatkan kondisi pikiran Anda.

Jika Anda merasa terlalu terbebani dengan gagasan membersihkan, tak masalah untuk fokus pada satu tugas kecil. Juga tidak apa-apa untuk melibatkan orang lain dalam upaya Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya