Jateng
Kamis, 28 Maret 2024 - 20:44 WIB

PKB Mulai Pertimbangkan Kemungkinan Gus Yusuf jadi Cawagub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua DPW PKB, K.H. M. Yusuf Chudlori atau yang biasa dipanggil Gus Yusuf. (Semarangpos.com-DPW PKB Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai mempertimbangkan adanya kemungkinan calon yang diusungnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 maju sebagai calon wakil gubernur. Pada Pilgub Jateng 2024, PKB telah menyatakan keseriusan untuk mengusung kadernya sendiri, yakni Ketua DPW PKB Jateng, KH M. Yusuf Chudlori, atau yang karib disapa Gus Yusuf.

Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman, mengaku saat ini partainya tengah menjajaki koalisi dengan partai lain dalam Pilgub Jateng. Hal itu menyusul perolehan kursi PKB pada DPRD Jateng di Pemilu 2024 yang tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri. PKB hanya meraih 21 kursi DPRD Jateng, sedangkan syarat minimal partai untuk mengusung calon sendiri, tanpa koalisi, adalah 20% dari total 120 kursi DPRD Jateng, yakni 24 kursi.

Advertisement

“Kami tetap mencalonkan kader terbaik kami, Gus Yusuf, untuk tampil di Pilgub Jateng. Tapi, tentu harus ada koalisi,” kata Sukirman seusai Rapat Paripurna di Gedung Berlian DPRD Jateng, Kamis (28/3/2024).

Sukirman pun mengaku siap berkoalisi dengan partai manapun seperti PDIP, Golkar, hingga Partai Gerindra. Meski partai-partai itu tidak masuk dalam Koalisi Perubahan yang diusung PKB saat Pilpres 2024.

“Ini sedang cari rumusan terbaik. Ke semua partai kami jalin komunikasi,” imbuh pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng periode 2019-2024 itu.

Advertisement

Dalam komunikasi itu, Sukirman mengaku tetap mengusung Gus Yusuf sebagai calon gubernur Jateng. Meski demikian, ia mengaku tidak menutup kemungkinan jika nantinya Gus Yusuf diusulkan sebagai cawagub Jateng dalam koalisi tersebut.

“Serba mungkin [jadi calon wakil gubernur]. Apa pun serba memungkinkan di politik,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif