Soloraya
Jumat, 2 Maret 2018 - 18:05 WIB

Jalur Pendakian Merbabu Dibuka Lagi, Pendaki Dilarang Lakukan Ini

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tenda didirikan di Pos III Pendakian Gunung Merbabu. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

Jalur pendakian Merbabu kembali dibuka untuk umum.

Solopos.com, BOYOLALI — Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu kembali membuka jalur pendakian Gunung Merbabu untuk umum mulai 1 Maret 2018. Pendaki diimbau agar tetap peduli lingkungan.

Advertisement

Lima jalur pendakian Merbabu yang dibuka lagi meliputi jalur Selo di Dukuh Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Boyolali; jalur Suwanting di Dukuh Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Magelang; jalur Cunthel di Dukuh Cunthel, Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang; jalur Thekelan di Dukuh Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Semarang; dan jalur Wekas, Dukuh Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Magelang.

Sebelumnya, BTNG Merbabu menutup semua jalur pendakian Merbabu pada 1-28 Februari 2018 untuk pemulihan ekosistem kawasan taman nasional. Penutupan juga dimaksudkan untuk memperbaiki dan memelihara taman nasional, serta memperhatikan aspek keselamatan pengunjung.

Kepala BTNG Merbabu Edy Sutiyarto saat ditemui di kantornya di Boyolali, Jumat (2/3/2018), mengatakan pembukaan jalur tersebut sudah diumumkan melalui media. (baca: 200 Pelajar dan Mahasiswa Klaten Ramai-Ramai Naik Gunung Merbabu untuk Bersih-Bersih)

Advertisement

“Sejak tanggal 28 Februari kami sudah mengumumkan melalui running text di televisi nasional bahwa mulai 1 Maret 2018 semua jalur dibuka kembali,” ujarnya.

Selama ditutup, pihaknya melakukan bersih gunung dan patroli yang didukung pegawai BTNG Merbabu dan kerjantara. Kerjantara merupakan warga desa-desa sekitar kawasan yang tergabung dalam kelompok masyarakat peduli api (MPA) dan masyarakat mitra polisi hutan (polhut).

Sementara itu, pihaknya mengimbau kepada pendaki agar tetap peduli lingkungan. “Jangan buang sampah di atas. Bawalah sampah turun karena sudah kami sediakan bak sampah di bawah,” kata dia. (baca pula: Pendaki Nekat Naik ke Puncak Merbabu via Boyolali akan Dipaksa Turun dan Dihukum)

Advertisement

Pembukaan jalur pendakian Merbabu disambut baik pendaki. Salah satunya Tri Widodo, warga Sambi, Boyolali, yang berencana naik gunung Merbabu Jumat ini. “Setelah dibuka kami bersama teman-teman mau naik [Merbabu] nanti [Jumat malam], rencananya turun Minggu [4/2/2018],” ujarnya di Boyolali.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif