News
Minggu, 25 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 25 Maret 1975, Raja Arab Saudi Tewas Dibunuh

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tentara Irak di Tank T-72 yang digunakan dalam Pertempuran Basra, 2008. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 25 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 25 Maret. Pada 25 Maret 1975, Raja Arab Saudi Faisal bin Abdulaziz Al Saud tewas dibunuh keponakannya.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 25 Maret.

717
Theodosius III mengundurkan meninggalkan takhtanya sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi Timur. Ia beralasan ingin mendalami agama dan memilih untuk menjadi pendeta dibanding menjadi kaisar.

Advertisement

717
Theodosius III mengundurkan meninggalkan takhtanya sebagai kaisar di Kekaisaran Romawi Timur. Ia beralasan ingin mendalami agama dan memilih untuk menjadi pendeta dibanding menjadi kaisar.

919
Romanos Lekapenos berhasil merebut Istana Boukoleon milik Kekaisaran Romawi Timur di Konstantinopel atau kini Istanbul, Turki. Meski demikian, Romanos tak serta merta bisa menjadi penguasa tunggal di Kekaisaran Romawi Timur. Ia lantas menjadi kaisar-bersama dengan kaisar yang masih menjabat sebelumnya, Konstantinus VII.

1199
Raja Inggris, Richard I, yang sedang bertempur melawan pasukan Prancis bersama pasukannya mengalami luka setelah terkena anak panah. Akibat luka itu, Richard I meninggal dunia beberapa hari kemudian dan digantikan adiknya, John.

Advertisement

1941
Yugoslavia turut menandatangani Pakta Tripartit yang sebelumnya telah ditandatangani Jerman, Jepang, Italia, Hungaria, Rumania, Slovakia, dan Bulgaria. Dengan penandatanganan itu, Yugoslavia secara resmi bergabung dengan Blok Poros dalam Perang Dunia II.

Reginald Kenneth Dwight alias Elton Hercules John. (Hellomagazine.com)

1947
Reginald Kenneth Dwight dilahirkan di Pinner, Middlesex, Inggris. Ia kemudian dikenal sebagai salah satu musisi ternama beraliran rok dan blues. Pada 7 Januari 1972, ia secara resmi mengganti namanya menjadi Elton Hercules John. Hingga kini, ia lebih dikenal sebagai Elton John.

Advertisement

1957
Jerman Barat, Belanda, Luksemburg, Italia, Prancis, dan Belgia menandatangani Persetujuan Roma di Roma Italia. Perjanjian itu kemudian menjadi dasar pendirian European Economic Community (EEC) atau Masyarakat Ekonomi Eropa pada 1 Januari 1958. EEC kemudian dibubarkan 1 Desember 2009 dan digantikan Uni Eropa.

1971
Pasukan Pakistan mulai melaksanakan Operasi Searchlight di wilayah Pakistan Timur atau kini Bangladesh. Operasi yang berlangsung sekitar sebulan itu bertujuan untuk meredam perlawanan Gerakan Nasionalis Benggala yang ingin memisahkan diri dari Pakistan. Operasi Searchlight disebut merupakan awal pembantaian yang dilakukan pasukan Pakistan terhadap orang Bangladesh.

Raja Arab Saudi, Faisal bin Abdulaziz Al Saud. (Wikimedia.org)

Advertisement

1975
Raja Arab Saudi, Faisal bin Abdulaziz Al Saud, tewas ditembak oleh keponakannya yang bernama Faisal bin Musaid. Pihak berwenang berhasil meringkus Faisal bin Musaid dan kemudian memenggal kepalanya di muka umum. Faisal kemudian digantikan Khalid bin Abdulaziz Al Saud.

2008
Tentara Irak melancarkan serangan demi mengusir Tentara Mahdi yang menduduki Kota Basra, Irak. Dalam serangan tersebut, pasukan Irak dibantu tentara Amerika Serikat (AS). Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Pertempuran Basra itu berlangsung selama enam hari. Tentara Mahdi perlahan mulai meninggalkan Kota Basra setelah pertempuran berakhir.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 24 Maret
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 23 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 22 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif