Otomotif
Sabtu, 24 Maret 2018 - 06:10 WIB

Yamaha Bikin Sepeda Motor Roda Tiga

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepeda motor roda tiga Yamaha. (Istimewa/Autoblog)

Sepeda motor beroda tiga Yamaha itu bakal berjenis skuter.

Solopos.com, TOKYO – Sukses menciptakan motor roda tiga Niken, Yamaha resmi mengajukan hak paten dengan merek dagang TY-E dan sekaligus akan mengembangkan sepeda motor listrik roda tiga.

Advertisement

Menurut aplikasi Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, nama TY-E adalah untuk sepeda motor jenis skuter, bebek, sport roda tiga dan skuter roda tiga.

Motor ini terfokus ke mesin listrik hanya dengan penamaan khusus Yamaha. Sama seperti “YZF” yang secara eksklusif digunakan untuk olahraga trail dan “XT” berarti mesin bergaya petualangan, namun “TY” masih belum bisa digali lebih detil. Namun kode “E” biasa untuk motor bertenaga “listrik”.

Sebelumnya Presiden dan CEO Yamaha Yoshihiro Hidaka mengatakan bahwa perusahaannya sedang mengerjakan berbagai inisiatif dengan tema dunia mobilitas global yang berkembang dalam rencana paruh waktu saat ini.

Advertisement

“Ini adalah jajaran produk dari LMW yang bersandar multi roda, mulai dari skutik hingga sport,” tuturnya seperti dilansir dari Visordown.

“Sejak peluncuran Tricity pada 2014 kami melanjutkan kegiatan di Tokyo Motor Show tahun lalu. Kami telah menghadirkan model Niken yang akan diluncurkan di pasaran tahun ini. Tidak hanya sebatas dua model ini, kita akan memperluas basis pelanggan dengan nilai LMW yang baru,” tambah Yoshihiro.

Dibekali sasis MT-09, motor roda tiga ini menggabungkan desain agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi.

Advertisement

“Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok,” tulis Yamaha,

Secara dimensi, motor ini punya postur berupa panjang 2.150 mm, lebar 885 mm, dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sebagai informasi, nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Sedangkan peluncuran Yamaha Niken sendiri baru akan dilakukan pada November mendatang di Milan Motorcycle Show.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif