News
Jumat, 23 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 23 Maret 1946, Peristiwa Bandung Lautan Api Pecah

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Monumen Bandung Lautan Api. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 23 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 23 Maret. Salah satu peristiwa penting dunia yang terjadi pada 23 Maret adalah terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api.

Advertisement

Masih banyak momentum bersejarah terkait tanggal 23 Maret. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 23 Maret.

Galaksi Mata Hitam. (Wikimedia.org)

Advertisement

Galaksi Mata Hitam. (Wikimedia.org)

1799
Astronom asal Inggris, Edward Pigott, menemukan suatu galaksi melalui pengamatannya menggunakan teleskop. Galaksi tersebut kemudian dinamai Galaksi Mata Hitam karena di tengahnya tampak ada bulatan gelap besar di dekat inti galaksi yang cerah. Galaksi Mata Hitam terkenal di kalangan astronom amatir karena bisa terlihat menggunakan teleskop kecil.

1801
Kaisar atau Tsar Rusia, Paul I, dibunuh di kamar tidurnya di Istana Saint Michael. Banyak sejarawan menduga putra Paul I, Alexander, memiliki peran dalam pembunuhan itu. Sehari setelah meninggal, jabatan Paul I sebagai Tsar Rusia langsung digantikan putranya, Alexander.

Advertisement

1901
Republik Filipina Pertama dibubarkan setelah presidennya, Emilio Aguinaldo, ditangkap pasukan Amerika Serikat (AS) pimpinan Frederick Funston. Banyak kalangan menilai AS memang tak ingin Filipina merdeka pada saat itu. Republik Filipina Pertama berdiri sejak 1897.

1918
Pasukan Jerman berhasil mengalahkan tentara Inggris yang berjumlah 10 batalion di sebelah utara Prancis. Banyak tetara Inggris yang tewas dan menjadi tahanan perang dalam salah satu kemenangan Jerman di masa Perang Dunia I tersebut.

1919
Benito Mussolini mendirikan gerakan fasisme di Milan, Italia. Gerakan tersebut kemudian menjadi gerakan politik dan mampu mendapatkan tempat di pemerintahan Italia setelah Raja Vittorio Emanuele III meminta Mussolini membentuk pemerintahan baru.

Advertisement

1939
Angkatan Udara Hungaria menyerang markas Angkatan Udara Slovakia di Spisska Nova Ves dan menewaskan 13 orang. Serangan Hungaria itu kemudian meletusnya Perang Hungaria-Slovakia.

1946
Sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar tempat tinggal mereka tinggal dan pergi ke selatan Bandung untuk mengungusi. Tindakan itu dilakukan demi mencegah Sekutu dan tentara NICA menduduki Bandung. Peristiwa tersebut kemudian dikenal sebagai Bandung Lautan Api.

Andrea Dovizioso. (Ducati.com.au)

Advertisement

1986
Andrea Dovizioso lahir di Forlimpopoli, Italia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pembalap di ajang Moto GP. Sejak berkarier di Moto GP pada 2007 silam, prestasi terbaik Dovizioso adalah meraih gelar juara II di musim 2017.

1994
Pesawat penumpang Airbus A310-304 yang dioperasikan maskapai penerbangan Aeroflot menabarak tebing bukit di Kemerovo, Rusia. Kecelakaan itu terjadi setelah pilot berusia 15 tahun yang duduk di kokpit tanpa sadar telah menonaktifkan firut autopilot. Sebanyak 63 penumpang dan 12 kru di pesawat tersebut tewas dan tak ada yang selamat dari peristiwa tragis tersebut.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 22 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 21 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 20 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif