News
Kamis, 22 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 22 Maret 1993 Awal Hari Air Sedunia

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yuan Shikai. (History.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 22 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 22 Maret. Hari Air Sedunia diperingati pada 22 Maret setiap tahunnya sejak 1993.

Advertisement

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 22 Maret.

Buddha Zamrud pada 1783. (Wikimedia.org)

Advertisement

Buddha Zamrud pada 1783. (Wikimedia.org)

1784
Patung Buddha Zamrud dipindahkan dari wilayah Thonburi, Laos ke tempat yang sekarang ditempatinya di Wat Phra Kaew, Thailand. Pemindahan arca itu diiringi dengan upacara besar. Buddha Zamrud adalah peninggalan sejarah agama Buddha di Kerajaan Thai yang merupakan sebuah arca Buddha.

Yuan Shikai. (History.com)

Advertisement

1829
Perjanjian yang disebut The London Protocol ditandatangani perwakilan dari Inggris, Rusia, dan Prancis. Dari perjanjian tersebut, ketiga negara itu untuk diwajibkan untuk melindungi Yunani dari ancaman Kesultanan Ottoman yang terus berusaha mencaploknya.

1920
Tentara Azerbaijan yang dibantu pasukan Turki membantai penduduk sipil di Kota Shusha di Nagorno-Karabakh, Armenia. Peristiwa tersebut terjadi karena Azerbaijan ingin mencaplok kawasan Shusha dari Armenia. Pembantaian tersebut kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Shusha.

1943
Seluruh desa di Khatyn, wilayah yang kini menjadi bagian dari Rusia dan Belarusia, dibakar tentara Jerman. Diperkirakan ada sekitar 1.500 orang yang menjadi korban tragedi tersebut. Kini, salah satu persitiwa di masa Perang Dunia II itu disebut dengan nama Pembantaian Khatyn.

Advertisement

1939
Pasukan Jerman berhasil merebut kekuasaan di kawasan Memel di timur Kerajaan Prusia dari tangan Lituania. Namun kekuasaan Jerman di Memel tak bertahan lama. Jerman lantas mengembalikan kawasan tersebut kepada Kerajaan Prusia.

1945
Liga Arab didirikan setelah Protokol Alexandria diberlakukan. Kini Liga Arab memiliki anggota 22 negara. Liga Arab bertugas mengoordinasikan kegiatan niaga, komunikasi, kebudayaan, kewarganegaraan, paspor, visa, kegiatan sosial, dan kegiatan kesehatan kepada negara anggotanya.

1992
Partai Demokrasi Albania memenangkan pemilihan di negara tersebut mengalahkan Partai Buruh yang telah menjadi partai penguasa selama beberapa tahun. Menangnya Partai Demokrasi Albania itu sekaligus menjadi tanda jatuhnya komunisme di Albania.

Advertisement

1993
Hari Air Sedunia untuk kali pertama kali diperingati. Hari Air Sedunia lahir melalui Sidang Umum ke-47 PBB pada 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil dengan tujuan menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

2004
Pasukan Israel melancarkan serangan udara terhadap kelompok Hammas di Jalur Gaza. Dalam serangan itu, Pemimpin Gerakan Hamas Ahmed Yassin dan dua pengawalnya tewas.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 21 Maret

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 20 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif