News
Rabu, 21 Maret 2018 - 01:00 WIB

Promosikan Pembangunan Sosial-Ekonomi Lokal, UNS Gandeng Xihua University China

Redaksi Solopos.com  /  Farida Trisnaningtyas  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

UNS kerja sama dengan Xihua University China.

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggandeng Xihua University (XHU) China dalam keikutsertaannya mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi lokal sebagai upaya menghadapi persaingan global.

Advertisement

“Itu merupakan salah satu rancangan program dari kerja sama yang kami jalin.dengan Xihua University China ” ujar Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi, ketika dimintai informasi seputar program kerja sama UNS dengan XHU China, Senin (19/3/2018).

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara UNS dengan pihak XHU telah dilakukan di Auditorium UNS Solo, Senin (12/3/2018) lalu.

Selain itu, kedua perguruan tinggi juga berkomitmen mempromosikan Sino-Indonesia pada bidang budaya, ekonomi, humaniora, serta kerja sama untuk berkontribusi terhadap proyek One Belt One Road yang diluncurkan oleh pemerintah Tiongkok beberapa waktu lalu.

Advertisement

Kerja sama juga dijalin dalam rangka memperkuat pengembangan komunikasi dan pendidikan Bahasa Mandarin di Jawa Tengah, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk kerja sama multilateral, serta kerja sama bilateral antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sichuan. Akan dilakukan pula upgrade Program Studi Diploma Bahasa Mandarin menuju Strata 1 Bahasa Mandarin UNS. (baca juga: Artefac UNS 2018 Diwarnai Kompetisi Band Berkonsep Indie)

“Ruang lingkup kerja sama ini agar kedua belah pihak universitas dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai permintaan pasar lokal, khususnya dalam hal pengajaran Bahasa Mandarin,” tambahnya.

Dengan kerja sama itu, UNS bersama XHU menyediakan sumber-sumber pengajaran dan melaksanakan penelitian tentang pengajaran Bahasa Mandarin, pelatihan guru Bahasa Mandarin, pengembangan bahan ajar Bahasa Mandarin, menyelenggarakan ujian HSK atau tes kemampuan berbahasa Mandarin, dan tes sertifikasi guru Bahasa Mandarin.

Advertisement

Di samping itu, termasuk menyediakan layanan informasi dan konsultasi mengenai studi lanjut ke Tiongkok, mempromosikan kebudayaan Tiongkok, serta melakukan pertukaran bahasa-budaya dan kegiatan lainnya dengan otorisasi dan penunjukan dari kantor pusat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif