News
Selasa, 20 Maret 2018 - 12:10 WIB

UJIAN SEKOLAH 2018 : 3 SMK di Solo Laksanakan USBN Berbasis Komputer

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional yang dilaksanakan dengan sistem computer based test atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Dok.)

Tiga SMK swasta di Solo melaksanakan USBN berbasis komputer.

Solopos.com, SOLO — Tiga sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Solo tahun 2018 ini melaksanakan ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT) dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 yang dimulai Senin (19/3/2018). Ketiga SMK tersebut yaitu SMK Sahid, SMK Al Islam, dan SMK Teknosa.

Advertisement

Ditemui wartawan di SMK Sahid, Senin, Kepala SMK Sahid, Naim Mabruri, mengemukakan, ini merupakan kali pertama sekolah tersebut melaksanakan USBN dengan CBT. Namun pihaknya tidak mengalami kesulitan berarti lantaran sudah terbiasa dengan pelaksanaan CBT untuk Ujian Nasional (UN).

“Tahun ini kami memilih melaksanakan USBN CBT ini dengan tujuan salah satunya untuk varietas soal yang lebih baik. Karena dari jumlah soal yang ada, walaupun soalnya sama, dapat teracak pada tiap-tiap komputer, sehingga kualitas proses penilaian akan lebih baik,” terang Naim, didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Prihartati.

Selain itu, menurutnya, dengan CBT, efektivitas dan efisiensi proses evaluasi belajar lebih baik, serta meminimalisasi kecenderungan siswa untuk berbagi jawaban karena masing-masing siswa akan menghadapi varian soal yang berbeda.

Advertisement

“Ini mengantisipasi adanya kecurangan. Selain itu, kualitas proses pembelajaran dan evaluasi belajar akan jauh lebih penting bila hanya sekadar mengejar hasil belajar,” imbuhnya.

Prihartati menambahkan ujian tersebut diikuti sebanyak 215 siswa dari empat kompetensi keahlian, yakni Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Akomodasi Perhotelan (AP), Jasa Boga, dan Busana Batik.

“Pelaksanaan ujian dibagi dua sesi dengan menggunakan empat lab (ruang) komputer. Dalam 1 ruang ada 2 pengawas, 1 proktor, dan 1 teknisi,” kata Prihartati. USBN mengujinkan 13 mata pelajaran (mapel) selain mapel yang diujikan dalam UN.

Advertisement

Terpisah, Kepala SMK Al Islam, Saefuddin Aziz, menjelaskan, untuk USBN tahun ini sekolah memang diberi kesempatan memilih melaksanakannya dengan CBT atau dengan ujian berbasis kertas (paper based test/PBT)

“Memang dari 49 SMK di Kota Solo, baru tiga SMK yang menerapkan CBT dan kebetulan ketiganya SMK swasta,” terang Aziz yang juga menjabat sebagai Sekretaris II Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Solo itu.

Aziz menerangkan CBT bukan lagi hal baru bagi siswa-siswi SMK Al Islam lantaran sudah sering juga diterapkan dalam ujian lain di sekolah itu, di antaranya saat Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Ulangan Akhir Semester (UAS). Di SMK Al Islam, ada 89 siswa yang mengikuti USBN CBT.

“Dalam PTS dan UAS pun sudah kami terapkan CBT sehingga anak-anak sudah terbiasa,” imbuhnya. USBN tahap 1 dilangsungkan hingga Jumat (23/3/2018). Sedangkan tahap 2 akan digelar 9-11 April mendatang, seusai UN yang dijadwalkan Senin-Kamis (2-5/4/2018).

Advertisement
Kata Kunci : Pendidikan Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif