Jatim
Selasa, 20 Maret 2018 - 17:05 WIB

PILKADA 2018 : Mantan Rektor Undip Jadi Moderator Debat Cawali-Cawawali Madiun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rektor Undip, Prof. Sudharto (dcradio.undip.ac.id)

Pilkada 2018, moderator pilpres 2014 yaitu Prof. Sudharto akan menjadi moderator dalam debat publik Pilkada Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun menunjuk mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Sudharto, sebagai moderator debat dalam Pilkada Kota Madiun yang pertama, Rabu (21/3/2018). Sudharto merupakan moderator dalam debat pilpres yang digelar KPU pada 2014 silam.

Advertisement

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, mengatakan debat publik Pilkada Kota Madiun yang pertama akan digelar di Asrama Haji pada Rabu pukul 15.00 WIB. Tema yang akan dibahas dalam debat publik calon pemimpin Kota Madiun ini mengenai tata kelola pemerintahan, ekonomi kerakyatan, good government, dan tata ruang wilayah.

Dia menyampaikan untuk debat pertama ini akan dimoderatori Prof. Sudharto dari Undip Semarang. “Pertimbangan memilih Prof. Sudharto karena beliau pernah jadi moderator dalam pilpres 2014 dan menjadi panelis dalam sejumlah debat kandidat di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di KPU setempat, Selasa (20/3/2018).

Debat kandidat yang pertama ini dialokasikan selama 1,5 jam dengan terbagi dalam empat segmen. Segmen pertama yaitu pemaparan visi misi, pertanyaan moderator, saling bertanya, dan debat antarpaslon.

Advertisement

Sasongko menuturkan setiap paslon diperbolehkan membawa pendukung sebanyak 100 orang. Masing-masing pendukung harus mematuhi peraturan dan mengenakan pakaian yang sopan.

Selama debat kandidat, seluruh pendukung tidam diperbolehkan menyampaikan pertanyaan maupun ujaran kebencian. Selain itu, mereka juga harus menjaga kondisi debat supaya tidak ricuh.

“Nanti sebelum debat akan kita bacakan peraturan untuk meminimalisir kericuhan antar-pendukung paslon,” jelas dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif