News
Selasa, 20 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 20 Maret 1602, VOC Didirikan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - John Lennon (kiri) dan Yoko Ono. (kanan). (Voanews.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 20 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 20 Maret. Salah satu peristiwa penting dunia yang terjadi pada 20 Maret adalah berdirinya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Kongsi Dagang Hindia Timur Belanda.

Advertisement

Masih banyak momentum bersejarah terkait tanggal 20 Maret. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 20 Maret.

1413
Henry V mengklaim dirinya sebagai raja di Inggris. Selama pemerintahannya, Henry mampu mengambil gelar sebagai Raja Perancis setelah memenangi perang yang berlangsung selama berabad-abad. Pasukan Inggris di masa kepemimpinannya berhasil mengalahkan Prancis dalam Pertempuran Agincourt pada 1415.

Advertisement

1413
Henry V mengklaim dirinya sebagai raja di Inggris. Selama pemerintahannya, Henry mampu mengambil gelar sebagai Raja Perancis setelah memenangi perang yang berlangsung selama berabad-abad. Pasukan Inggris di masa kepemimpinannya berhasil mengalahkan Prancis dalam Pertempuran Agincourt pada 1415.

1602
Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Kongsi Dagang Hindia Timur Belanda didirikan. VOC merupakan persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Perusahaan tersebut dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.

1815
Napoleon Bonaparte kembali dari pengasingannya di Pulau Elba ke Paris, Prancis. Sebelumnya, Napoleon Bonaparte yang memimpin Prancis sejak 1804 diasingkan ke Pulau Elba pada 1814 setelah kalah dalam Perang Koalisi VI. Setelah kembali, Napoleon kemudian kembali memimpin Prancis, namun hanya 100 hari.

Advertisement

1945
Kekuasaan Jepang di wilayah Mandalay, Myamnar telah berakhir setelah berhasil diusir pasukan Inggris. Sebelumnya, Jepang telah menduduki wilayah Mandalay sejak 1942.

1954
Sekitar 60.000 tentara Vietnam Utara mengepung 16.000 tentara Prancis di Vietnam Selatan. Pasukan Prancis berhasil bertahan dari kepungan itu selama enam pekan meski akhirnya kalah karena Vietnam Utara mengirim lebih banyak tentara.

1956
Tunisia meraih kemerdekaan penuh dari Prancis dan mendeklarasikan pembentukan negara republik setahun kemudian. Sebelum merdeka, Tunisia merupakan wilayah kekuasaan Prancis sejak 1881.

Advertisement

1966
Trofi kejuaraan sepak bola Piala Dunia FIFA dipamerkan di Westminster Hall, London, Inggris. Trofi tersebut dipamerkan sebelum kompetisi yang digelar di Inggris itu dibuka. Dalam ajang tersebut, Inggris selaku tuan rumah berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Jerman Barat di laga final dengan skor 4-2.

John Lennon (kiri) dan Yoko Ono. (kanan). (Voanews.com)

1969
Vokalis The Beatles John Lennon menikahi wanita asal Jepang, Yoko Ono. Setelah John meninggal dunia pada 8 Desember 1980, Yoko diketahui belum menikah lagi hingga sekarang.

Advertisement

Fernando Jose Torres Sanz kala masih berseragam Liverpool. (Dailystar.co.uk)

1984
Fernando Jose Torres Sanz dilahirkan di Madrid, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai bintang sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Inggris, yakni Liverpool dan Chelsea. Kini, Torres bermain untuk salah satu klub di Spanyol, Atletico Madrid.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif