Soloraya
Selasa, 20 Maret 2018 - 16:05 WIB

25 Camat di Wonogiri Dapat Mobil Dinas Baru

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Camat Wonogiri, Slameto Sudibyo,, bersiap membawa mobil dinas baru di halaman Setda Wonogiri, Senin (19/3/2018). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Camat di Wonogiri mendapat mobil dinas baru.

Solopos.com, WONOGIRI — Para Camat di Wonogiri mendapat mobil dinas baru, yakni Toyota Avanza Veloz. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengganti mobil dinas lama karena usianya sudah 10 tahun.

Advertisement

Informasi yang dihimpun di Sekretariat Daerah (Setda), Senin (19/3/2018), mobil dinas baru bagi camat sebanyak 25 unit. Pihak penyedia barang, Nasmoco, mengirim mobil ke Wonogiri sejak Kamis (15/3/2018) lalu. Mobil berwarna hitam dan sudah dilengkapi pelat nomor merah. Secara berurutan, pelat nomor mobil tersebut AD 55 G hingga AD 79 G.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno, saat ditemui wartawan di Sekretariat Daerah (Setda), Senin, menyampaikan anggaran pengadaan 25 unit mobil dinas baru bagi camat senilai Rp5,309 miliar atau Rp212,394 juta/unit.

Mobil dinas baru diperlukan agar mobilisasi pemerintah kecamatan di lapangan lebih lancar. Selain itu supaya anggaran di kecamatan lebih efisien. Selama menggunakan mobil dinas lama, Suzuki APV, pemerintah kecamatan kerap mengeluarkan anggaran untuk memperbaiki kerusakan mobil. Dengan menggunakan mobil dinas baru, anggaran untuk pemeliharaan bisa ditekan.

Advertisement

“Saya kira kalau menggunakan mobil lama terus malah lebih boros, karena harus mengeluarkan anggaran untuk pemeliharaan. Mobil lama ini sudah 10 tahun usianya, produksi 2008, jadi sudah sering rusak,” kata Suharno.

Dia memastikan meski ada tambahan mobil dinas baru tetapi tidak menambah jumlah mobil dinas secara keseluruhan. Pasalnya, sudah banyak kendaraan dinas yang dilelang. Sekda menyebut mobil dinas yang dilelang dan yang diadakan berimbang. Dia memastikan mobil dinas lama camat akan tetap dimanfaatkan menyesuaikan kebutuhan.

Pengadaan mobil dinas baru bagi camat merupakan usulan 2017. Toyota Avanza Veloz dipilih atas kesepatan para camat. Sebelumnya Bagian Umum Setda menggelar rapat koordinasi.

Advertisement

Pada kesempatan itu para camat sepakat mobil operasional baru Toyota Avanza Veloz dengan ring roda 15 yang membuat kaki-kaki lebih tinggi dari pada Toyota Avanza biasa ring roda 14. Kendaraan dengan kaki-kaki tinggi dipilih agar mobil bisa digunakan di segala medan. Hal itu mengingat medan di hampir semua wilayah di Kota Sukses berkontur naik turun dan berkelok-kelok.

Toyota Avanza Veloz 2018 berkapasitas 1.500 cc. Salah satu fitur baru yang tersemat, yakni terdapat kamera di belakang yang dapat menginformasikan kondisi area belakang mobil kepada pengemudi melalui layar di dashboard. Fitur ini memudahkan pengemudi parkir. Mobil juga dilengkapi layar televisi satu unit di dashboard dan satu unit di tengah di bawah AC.

Camat Bulukerto, Bahari, menyambut baik. Menurut dia mobil dinas lama rentan rusak, terutama di bagian kaki-kaki, sehingga sering masuk bengkel. Alhasil, dia harus mengeluarkan dana perawatan cukup besar. Jika diganti yang baru, biaya perawatan bisa ditekan.

“Karena biaya perawatan lebih ringan sehingga anggaran bisa dialihkan untuk kegiatan yang lebih krusial,” kata Camat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif