Jogja
Minggu, 18 Maret 2018 - 21:20 WIB

Harga Bawang Putih Naik, Pembeli Pilih yang Murah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bawang putih menjadi salah satu komoditas yang terpantau mengalami kenaikan harga secara signifikan di Pasar Sambilegi, Sleman, Senin (12/2/2018). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Harga bawang putih melonjak secara bertahap sejak awal Maret

Harianjogja.com, SLEMAN—Harga bawang putih melonjak secara bertahap sejak awal Maret. Pedagang memperkirakan kenaikan akan terus terjadi sampai puncaknya di lebaran nanti.

Advertisement

Pedagang sembako di Pasar Colombo, Desa Condongcatur, Depok, Tumpak Sutinah mengatakan kenaikan terjadi mulai dari awal Maret. Jenis bawang putih kating menjadi jenis bawang yang mengalami kenaikan signifikan.

Kenaikan terjadi secara bertahap, untuk bawang putih kating mulai dari Rp30.000 per kg di awal bulan, kemudian setelah empat hari naik menjadi Rp40.000 per kg. Untuk jenis bawang sinco, kenaikan tidak begitu signifikan, dari Rp25.000 per kg menjadi Rp28.000 per kg.

“Sekarang ini harga bawang kating saja dari sana [pemasok] sampai ke pedagang bisa Rp55.000,” ujar Tumpak.

Advertisement

Tumpak mengatakan pembeli mulai beralih ke bawang putih jenis sinco, karena kenaikan harganya tidak begitu signifikan.

Menurutnya, pembeli terkadang mengeluhkan harga yang terus meningkat dan stok barang yang kurang. “Pembeli kalau harganya mahal kadang enggak masalah, asal stoknya ada,” kata Tumpak.

Tumpak mengatakan penjualan tetap stabil meskipun harga naik. “Tetap saja kalau penjualannya stabil, karena yang minta juga enggak berkurang, hanya beralih saja dari bawang kating ke bawang sinco,” katanya.

Advertisement

Tumpak mengatakan kenaikan harga terjadi karena panen bawang dari petani yang telat. “Cuacanya kurang bagus, hasil panennya juga kurang, sedangkan yang minta banyak, tapi stoknya kurang, yaudah jadi mahal,” ujar Tumpak. Sementara itu,  Tumpak memperkirakan kenaikan harga bawang akan terus meningkat sampai lebaran nanti.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif