Soloraya
Sabtu, 17 Maret 2018 - 06:35 WIB

KORUPSI SOLO : MKKS SMK Kesulitan Lacak Penerima PIP 2016 yang Sudah Lulus

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kasus korupsi (JIBI/Solopos/Dok.)

MKKS SMK Solo masih melacak penerima PIP 2016 yang dananya dikorupsi teller Bank BRI.

Solopos.com, SOLO — Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Solo masih mendata jumlah pasti penerima dana PIP yang belum mencairkan dana itu. Hal itu menyusul terungkapnya kasus dugaan korupsi oleh Novita Herawati, 45, mantan teller BRI cabang Slamet Riyadi, Solo.

Advertisement

Banyak penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) 2016 di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Solo belum mencairkan bantuan tersebut. Hal itu disampaikan Sekretaris II MKKS SMK Kota Solo, Saefudin Azis, Kamis (15/3/2018).

“Sementara ini untuk Kota Solo baru didata MKKS. Pendataan tersebut masih jalan karena penerima banyak penerima bantuan yang sudah lulus dan berada di luar kota,” ujar Aziz melalui ponsel.

Baca juga:

Advertisement

Hal senada disampaikan Kepala SMK Sahid Solo, Naim Mabruri. Dia mengakui sejauh ini sejumlah siswa atau lulusan sekolahnya ada yang belum mencairkan dana PIP itu.

“Penerima dana PIP 2016 saat ini ada yang sudah lulus. Sebagian mereka mungkin bekerja di luar kota dan sulit dihubungi. Tapi sejauh ini yang alamatnya masih tercatat di kami tetap kami upayakan untuk menghubungi,” katanya.

Terpisah, Sekretaris MKKS SMK Kota Solo, Suyono, menuturkan terkait kasus dugaan korupsi dana PIP 2016 tersebut, sebelumnya memang ada beberapa pihak yang dipanggil Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo untuk dimintai keterangan seputar kasus tersebut. Akibat korupsi yang dilakukan Novita Herawati, para penerima dana PIP 2016 tidak bisa mencairkan dana tersebut.

Advertisement

Menyusul adanya kejadian itu, saat ini pencairan dana PIP dialihkan ke bank lain. “Tapi saat ini sudah ada sebagian yang mencairkan. Untuk yang belum saat ini masih didata,” tandasnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif