News
Sabtu, 17 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 17 Maret 1757, Perjanjian Salatiga Diteken

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Pakuwon di tepi lapangan Pancasila, Kota Salatiga sekarang adalah saksi bisu Perjanjian Salatiga. (Salatigakota.go.id)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 17 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 17 Maret. Salah satu peristiwa penting dunia yang terjadi pada 17 Maret adalah ditandatanganinya Perjanjian Salatiga.

Advertisement

Masih banyak momentum bersejarah terkait tanggal 17 Maret. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 17 Maret.

Ferdinan Magellan. (Duckstrers.com)

Advertisement

Ferdinan Magellan. (Duckstrers.com)

1521
Penjelajah asal Portugal, Ferdinand Magellan, tiba di Filipina. Kedatangan itu menjadikan Magellan sebagai orang pertama dari Eropa yang berhasil mencapai wilayah Filipina.

1757
Perjanjian Salatiga ditandatangani Raden Mas Said, Sunan Paku Buwono III, VOC, dan Sultan Hamengku Buwono I di gedung VOC di Salatiga. Dengan berat hati, Hamengku Buwono I dan Paku Buwono III melepaskan beberapa wilayahnya untuk Raden Mas Said atau yang juga dikenal sebagai Pangeran Sambernyawa.

Advertisement

Orang Yahudi di penampungan di Belzec, Polandia, April 1942. (Wikimedia.org)

1942
Pemerintah Jerman membuka penampungan bagi orang Yahudi di Belzec, Polandia. Di hari pertama, penampungan tersebut langsung dipadati sekitar 30.000 orang Yahudi yang dibawa Jerman.

1942
Di hari pertama setelah dibuka, penampungan orang Yahudi di Belzec, Polandia langsung digunakan untuk mengekseskusi mati orang-orang Yahudi dari Lvov Ghetto, dekat Polandia. Tentara Nazi Jerman mengeksekusi mati orang Yahudi di penampungan tersebut menggunakan gas beracun.

Advertisement

1947
Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS), B-45 Tornado, untuk kali pertama mengudara. B-45 adalah pesawat pertama di dunia yang bahan bakarnya bisa diisi di udara.

1948
Perjanjian Eropa Barat ditandatangani Inggris, Belgia, Prancis, Belanda, dan Luksemburg. Perjanjian tersebut mengharuskan kelima negara itu untuk saling memberikan bantuan militer selama 50 tahun.

1966
Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS), Boeing B-52 Stratofortress, berbenturan dengan pesawat pengisi bahan bahan bakar, Boeing KC-135 Stratotanker, di atas Laut Mediterania. Akibat benturan tersebut, bom hidrogen yang diangkut Boeing B-52 Stratofortress terjatuh di Laut Mediterania di dekat Spanyol. Beruntung bom tersebut tak meledak.

Advertisement

1978
Tentara Israel menyerang kawasan bagian selatan Lebanon. Serangan Israel itu diduga ditujukan kepada para pengungsi Palestina yang akan menuju Kota Beirut, Lebanon.

Raul Jose Trindade Meireles. (Starsixes.com)

1983
Raul Jose Trindade Meireles lahir di Porto, Portugal. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, yakni Liverpool dan Chelsea. Kini, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu membela salah satu klub di Turki, Fenerbanche.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif