News
Jumat, 16 Maret 2018 - 23:30 WIB

Mikroplastik di Kemasan Air Minum Berbahaya? Ini Penjelasannya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Minum air putih (Huffingtonpost)

Bahaya mikroplastik di kemasan air minum baru terindikasi dalam penelitian terhadap ikan.

Solopos.com, JAKARTA — Isu air minum kemasan yang tercemar partikel mikroplastik menimbulkan pertanyaan besar. Risiko apa yang timbul jika tubuh kita terus-terusan mengonsumsi minuman yang dinyatakan terkena pencemaran mikroplastik?

Advertisement

Mikroplastik adalah partikel yang besarnya tidak lebih dari 1 milimeter yang berasal dari bahan baku plastik. Bahaya dari konsumsi makanan atau minuman yang terpapar mikroplastik dengan ukuran 1-5.000 mikron dikatakan bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Namun kesimpulan itu belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Kepala Pusat Peneliti Oseanografi LIPI, Dirhamsyah, menjelaskan bahaya mikroplastik atau nano plastik di dalam tubuh manusia belum pernah diteliti. Namun, sebuah lembaga riset di Swedia yang melakukan penelitian mikroplastik di otak sebuah ikan, menemukan perubahan perilaku gerak dan pola makan ikan itu.

“Jadi kalau penelitian terhadap manusia belum pernah dilakukan, atau belum ada datanya sampai saat ini. Sedangkan kalau terhadap biota sudah ada, di Swedia, tim peneliti di sana pernah meneliti dampaknya mikroplastik terhadap ikan, dan ditemukan adanya perubahan perilaku pada gaya gerak dan pola makannya. Si ikan tersebut makan lebih sedikit dan geraknya menjadi lamban,” ungkap Dirham saat dihubungi Bisnis/JIBI melalui telepon, Jumat (16/03/2018).

Advertisement

Menurut Dirham, jika mikroplastik yang dikonsumsi tubuh semakin banyak dan menumpuk, bisa saja menyumbat peredaran darah. Namun, itu baru indikasi dan belum terbukti secara ilmiah.

“Melihat dari hasil penelitianya terhadap ikan tersebut, ya bisa terjadi indikasi bahwa konsumsi mikroplastik yang banyak di dalam tubuh dalam menimbulkan tumor. Tapi ini baru indikasi ya, belum ada penelitian ilmiah yang secara rinci menjelaskan bagaimana dampak yang sesungguhnya jika mikroplastik dikonsumsi oleh manusia,” tambah Dirham.

Sementara itu, ahli gizi dari SlimGourment Premium Healty Catering, Desy Nur Arista, mengatakan dampak negatif mikroplastik bagi kesehatan perlu untuk diperhatikan. “Karena ditakutkan [mikroplastik dalam tubuh] menjadi pemicu kanker apabila terakumulasi banyak dan lama di dalam tubuh, dan ada kemungkinan ginjal dan hati juga dapat terganggu,” kata Desy.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Mikroplastik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif