News
Kamis, 15 Maret 2018 - 15:13 WIB

PILKADA JABAR : Elektabilitas Ridwan Kamil Jauh di Puncak

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil dan Atalia Praratya (Instagram @ridwankamil)

Elektabilitas Ridwan Kamil unggul di atas calon-calon lainnya menjelang Pilkada Jabar.

Solopos.com, JAKARTA — Jika Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018 digelar awal Maret, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum keluar sebagai pemenang kontestasi. Ridwan Kamil memuncaki survei elektabilitas hingga bulan ini.

Advertisement

Demikian temuan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ketika melakukan survei pada 1-8 Maret 2018. Pasangan Ridwan-Uu dipilih oleh sekitar 43,7% responden. Duet tersebut unggul atas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,7%, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 4,6%, dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 2,8%.

“Terdapat 18,2% responden yang menjawab tidak tahu atau belum memiliki pilihan ketika pilkada digelar saat survei,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Selain pasangan calon, SMRC juga menanyakan kepada responden pilihan mereka terhadap calon gubernur tanpa menyertakan calon wakil gubernur. Hasilnya, Ridwan Kamil berhasil mengungguli tiga cagub lainnya.

Advertisement

Ridwan mendapatkan 42,3% suara, disusul Deddy Mizwar 30,2%, Sudrajat 4,3%, dan nomor buntut Hasanuddin 3%. Untuk kategori ini, ada 20,1% responden yang tidak menjawab pilihan mereka.

“Trennya terjadi peningkatan elektabilitas dari survei-survei 1 tahun terakhir khususnya untuk Ridwan dan Deddy,” ujar Deni.

Sampel dari jajak pendapat tersebut adalah 801 responden se-Jawa Barat yang memiliki hak pilih. Marjin kesalahan rata-rata sebesar +/- 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif