News
Rabu, 14 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 14 Maret, Albert Einstein Ultah

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Albert Einstein. (Thatsmags.com)

Semarangpos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 14 Maret. Salah satu peristiwa penting dunia yang terjadi pada 14 Maret adalah lahirnya salah satu ilmuwan ternama, Albert Einstein.

Masih banyak momentum bersejarah terkait tanggal 14 Maret. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 14 Maret.

Advertisement

1489
Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual wilayah kerajaannya kepada Kerajaan Venesia. Penjualan wilayah kerajaan itu ia lakukan setelah suaminya, James II, meninggal dunia.

1647
Di masa Perang 30 Tahun, Prancis, Swedia, dan Bayern menandatangani perjanjian yang disebut Perdamaian Ulm setelah Prancis dan Swedia menyerbu wilayah Bayern. Meski demikian, pihak Bayern melanggar perjanjian tersebut beberapa bulan kemudian.

Advertisement

1647
Di masa Perang 30 Tahun, Prancis, Swedia, dan Bayern menandatangani perjanjian yang disebut Perdamaian Ulm setelah Prancis dan Swedia menyerbu wilayah Bayern. Meski demikian, pihak Bayern melanggar perjanjian tersebut beberapa bulan kemudian.

1862
Pangeran Antasari dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin. Penobatan itu dilakukan di hadapan para kepala Suku Dayak dan adipati (gubernur) penguasa wilayah Dusun Atas, Kapuas, dan Kahayan, yaitu Tumenggung Surapati/Tumenggung Yang Pati Jaya Raja. Penobatan itu mengokohkan kedudukan Antasari sebagai pemimpin perjuangan melawan penjajah di wilayah Banjar bagian utara.

1879
Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wurttemberg, Kekaisaran Jerman. Einstein kemudian dikenal luas sebagai ilmuwan fisika yang mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam bidang fisika pada 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi fisika teoretis.

Advertisement

1951
Di masa Perang Korea, pasukan PBB berhasil menduduki Kota Seoul di Korea Selatan (Korsel). Sebelumnya, kota tersebut telah diduduki pasukan Korea Utara (Korut) selama beberapa bulan.

1967
Jasad presiden Amerika Serikta (AS) John F. Kennedy di Permakaman Nasional Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS) dipindahkan ke lahan pemakaman dan nisan permanen di permakaman yang sama. Kennedy meninggal dunia pada  22 November 1963 dan dimakamkan tiga hari kemudian.

Joe Allen. (Skysports.com)

Advertisement

1990
Joseph Michael Allen dilahirkan di Carmarthen, Wales. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, yakni Liverpool, sejak 2012 sampai 2016. Sejak 2016 lalu, Allen pindah ke tim lain, yakni Stoke City.

Astronaut asal AS, Norman Thagard. (Wikimedia.org)

1995
Astronaut asal Amerika Serikat (AS) Norman Thagard dinyatakan NASA meluncur ke luar angkasa menggunakan wahana milik Rusia. Norman menjadi astronaut pertama yang menggunakan wahana luar angkasa milik Rusia.

Advertisement

2011
Pemerintah Inggris secara resmi melarang para imigran dari negara yang bukan anggota Uni Eropa bekerja sebagai koki, agen penjualan, manajer salon kecantikan, dan penata rambut di Inggris. Kebijakan itu dikeluarkan demi membatasi jumlah imigran yang masuk ke Inggris. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Maret
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Maret
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif