News
Minggu, 11 Maret 2018 - 14:20 WIB

Rektor UIN Cabut Kebijakan Soal Cadar karena Banyak Desakan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis Indonesia)

Pukul 16.00 WIB surat pencabutan itu ditandatangani

Harianjogja.com, SLEMAN-Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi secara resmi mencabut kebijakan pembinaan mahasiswi bercadar di lingkungan kampus tersebut, Sabtu (10/3/2018) sore.

Advertisement

Keputusan itu diambil karena banyaknya desakan dari berbagai pihak terkait pembinaan mahasiswi bercadar. Belum genap dua jam setelah rektor menandatangani pencabutan itu, foto surat tersebut sudah beredar luas di lini masa.

Surat yang beridentitas sifat penting itu diberi nomor B-1679/Un.02/R/AK.00.3/03/2018 perihal pencabutan surat tentang pembinaan mahasiswi bercadar. Surat bertanggal 10 Maret 2018 yang ditandatangani Prof. Yudian Wahyudi ditujukan kepada Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, serta Kepala Unit dan Lembaga di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga.

Dalam surat itu disebutkan, keputusan pembatalan setelah melakukan rapat koordinasi universitas (RKU) di jajaran UIN Sunan Kalijaga. Pencabutan kebijakan pembinaan mahasiswi bercadar itu dilakukan dengan alasan demi menjaga iklim akademik yang kondusif. Surat berisi lima baris dalam dua paragraf itu sekaligus membatalkan Surat Rektor Nomor B-1301/Un.02/R/AK.00.3/03/2018 tentang pembinaan mahasiswi bercadar.

Advertisement

Saat dimintai keterangan melalui ponselnya, Yudian mengatakan, keputusan mencabut itu sebagai bentuk konsistensi UIN Sunan Kalijaga dalam menampung aspirasi berbagai masyarakat luas. Mengingat, usai ia menerbitkan surat pembinaan bagi mahasiswi bercadar menimbulkan pro kontra yang berkepanjangan. Yudian sepenuhnya ingin menjaga iklim akademik yang kondusif.

“Pukul 16.00 WIB [surat pencabutan itu ditandatangani],” terangnya saat dihubungi Harianjogja.com, Minggu (11/3/2018).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif