News
Sabtu, 10 Maret 2018 - 17:57 WIB

Tank Bawa Anak PAUD Tenggelam di Sungai Bogowonto Purworejo, 2 Meninggal

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tank milik Yonif 412/BES di tepi Sungai Bogowonto. (liputan 6.com/dok. BNPB/Edhie Prayitno Ige)

Tank yang mengangkut anak PAUD tergelincir dan tenggelam di Sungai Bogowonto Purworejo.

Solopos.com, PURWOREJO — Satu unit tank dari Batalyon Infanteri 412/Bharata Eka Sakti Purworejo tergelincir dan tenggelam saat membawa sejumlah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sungai Bogowonto, Purworejo, Sabtu (10/3/2018).

Advertisement

Salah satu saksi mata, Nyoto, seperti dilaporkan liputan6.com, menyatakan ketika tank tersebut terjatuh, semua siswa PAUD Ananda dari Sindurjan yang menjadi penumpang selamat. Namun, seorang prajurit yang berada di dalam tank tersebut meninggal dunia.

“Kayaknya ada dua anak yang dibawa ke rumah sakit. Saya enggak tahu persis tentang korbannya,” kata Nyoto melalui sambungan telepon.

Data dari Basarnas Semarang menyebutkan korban meninggal bernama Pratu Randi Suryadi yang menjabat sebagai tamtama Lidik Staf Intel Yonmek 412/BES dan seorang guru bernama Iswandari, Kepala Sekolah PAUD Ananda.

Advertisement

Peserta outbond dan kunjungan ke markas Batalyon 412 ada lima PAUD dan TK. Masing-masing adalah PP Ananda ada 16 anak dan 1 guru, PP Lestari 20 anak, 4 guru; TK Masitho 3 jumlah 71 anak, 4 guru; PP Handayani 38 anak, 4 guru; dan YK Siwi Peni jumlah 35 anak, 4 guru.

Outbond itu diikuti oleh PAUD TK yang berada dalam satu gugus, yaitu wilayah Mranti dan Sindurjan. Kunjungan dan outbond memang sering dilakukan anak-anak TK ke markas Batalyon Infanteri 412 sebagai sarana mendekatkan hubungan TNI dan masyarakat.

“Rutin ada kegiatan kok. Bergantian hampir setiap minggu. Ini kegiatan biasa, bukan kegiatan berbahaya. Kalau kali ini ada kecelakaan, ini murni musibah. Jangan menyalahkan siapa pun,” kata Nyoto.

Advertisement

Laporan yang masuk ke Basarnas Semarang, kegiatan diawali dengan berkumpul di lapangan Yonif 412. Dari situ, anak-anak diajak melihat dari dekat dan simulasi naik helikopter. Anak-anak itu kemudian diajak melihat-lihat tank di garasi tank. Anak-anak juga diajak naik tank ke Sungai Bogowonto di belakang markas.

“Dibagi menjadi tiga kelompok dengan tiga tank. Pada kloter kedua, satu tank tergelincir dan masuk sungai,” kata Humas Basarnas Semarang Zulhawary Agustianto.

Semua tentara piket dan yang berada di markas segera mengevakuasi dan menyelamatkan penumpang tank yang tenggelam. Pratu Randi Suryadi dinyatakan meninggal ketika sudah berada di RSU dr. Tjitro Wardoyo.

Sementara, swandari juga meninggal setelah sempat dirawat di UGD RS Panti Waluyo. Saat ini, tank yang mengalami kecelakaan sudah bisa dievakuasi ke darat. Belum ada penjelasan resmi dari TNI mengenai kecelakaan tank ini.

Advertisement
Kata Kunci : Tank Tenggelam
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif