News
Sabtu, 10 Maret 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 10 Maret 1905, Chelsea Didirikan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera berlogo Chelsea dikibarkan di Stadion Stamford Bridge. (Pinterest.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 10 Maret dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 10 Maret. Pada 10 Maret 1905, klub sepak bola Chelsea resmi didirikan.

Advertisement

Bukan hanya itu, terdapat pula sederet peristiwa bersejarah lain yang patut dikenang pada 10 Maret. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

241 SM
Pasukan Republik Romawi berhasil menenggelamkan armada kapal Kartago dalam pertempuran di perairan dekat Pulau Aegadian, sebelah barat Sisilia. Pertempuran tersebut sekaligus mengakhiri Perang Punisia Pertama antara Republik Romawi dan Kartago yang berlangsung sejak 264 SM.

Advertisement

241 SM
Pasukan Republik Romawi berhasil menenggelamkan armada kapal Kartago dalam pertempuran di perairan dekat Pulau Aegadian, sebelah barat Sisilia. Pertempuran tersebut sekaligus mengakhiri Perang Punisia Pertama antara Republik Romawi dan Kartago yang berlangsung sejak 264 SM.

1607
Pasukan pimpinan Susenyos I mengalahkan pasukan Etiopia pimpinan Yaqob I dalam Pertempuran Gol di Gojjam, sebelah barat Etiopia. Kemenangan Susenyos I itu sekaligus menegaskan dirinya sebagai Kaisar di Etopia.

1905
Pebisnis Henry Augustus Mears bersama koleganya secara resmi mendirikan klub sepak bola bernama Chelsea FC. Pendirian klub tersebut diresmikan di pub The Rising Sun—kini restoran The Butcher’s Hook—di Fulham, London, Inggris. Mears mendirikan Chelsea setelah berhasil mengakuisisi Stadion Stamford Bridge yang digunakan sebagai markas klub tersebut hingga kini.

Advertisement

Osama bin Laden. (Npr.com)

1957
Osama bin Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pendiri organisasi Al-Qaeda. Ia juga dikenal luas di dunia setelah dituduh sebagai otak di balik Serangan 11 September di Amerika Serikat (AS). Otoritas AS mengklaim pasukannya telah berhasil membunuh Osama di Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei 2011.

1959
Karena takut akan invasi tentara Tiongkok, ribuan orang Tibet berkumpul mengelilingi kediaman Dalai Lama. Mereka khawatir tentara Tiongkok akan menculik Dalai Lama. Dalai Lama lantas dilarikan ke India untuk menjamin perlindungannya. Dalai Lama adalah sebutan bagi kepala pemerintahan Tibet, mengendalikan sebagian besar negara dari ibu kota di Lhasa. Dalai Lama juga merupakan kepala ajaran Buddha Tibet.

Advertisement

1965
Serangan bom melanda Mac Donald House di Singapura yang menyebabkan 3 orang tewas dan sedikitnya 33 orang luka-luka. Dua tentara Indonesia Harun Said dan Usman Hj Mohd Ali kemudian dituding sebagai pelaku pengeboman tersebut. Kejadian itu erat kaitannya dengan konfrontasi antara Indonesia dan Singapura.

1968
Pasukan Vietnam Utara dan pasukan Pathet Pao—gerakan nasionalis pro-komunis Laos—menyerang pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Kerajaan Laos di Phou Pha Thi, Houaphanh, Laos. Serangan di masa Perang Vietnam itu memicu pertempuran selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Vietnam Utara dan Pathet Pao.

1977
Satelit komunikasi milik Indonesia, Palapa A2, diluncurkan dari Kennedy Space Center, Amerika Serikat (AS). Satelit tersebut kemudian mengorbit sehari kemudian dan beroperasi hingga Januari 1988.

Advertisement

Lassana Diarra. (Skysports.com)

1985
Lassana Diarra dilahirkan di Paris, Prancis. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Sebelum membela PSG, Diarra juga pernah membela beberapa klub besar lain di Eropa, yakni Chelsea, Arsenal, dan Real Madrid.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Maret

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif