News
Selasa, 6 Maret 2018 - 14:30 WIB

Donald Trump Akan Resmikan Kedutaan AS di Yerusalem

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Donald Trump (Reuters)

Donald Trump berencana mengunjungi Yerusalem untuk meresikan kedutaan AS.

Solopos.com, SOLO – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan akan ke Israel untuk meresmikan kedutaan AS di Yerusalem. Trump menyatakan hal tersebut saat bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih.

Advertisement

Keputusan Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kantor kedutaan Amerika Serikat telah memicu kontroversi di kalangan sekutu Washington di kawasan Arab dan semakin memperumit upaya perundingan damai antara Israel dengan Palestina.

“Jika saya bisa, tentu saya akan ke sana,” kata Trump saat duduk di samping Netanyahu di Kantor Oval, Gedung Putih.

Advertisement

“Jika saya bisa, tentu saya akan ke sana,” kata Trump saat duduk di samping Netanyahu di Kantor Oval, Gedung Putih.

Baca:

Selain membicarakan soal kunjungan kedua ke Israel, Trump, dan Netanyahu juga menyampaikan pernyataan bersama soal kesepakatan nuklir dengan Iran dan peran Tehran dalam perang di Suriah.

Advertisement

“Jika saya harus mengatakan apa tantangan terbesar di Timur Tengah bagi kedua negara, maka hanya ada satu kata: Iran,” kata Netanyahu.

“Iran harus dihentikan. Iran adalah tantangan kami bersama,” kata dia seperti dikutip dari Antara.

Trump sempat mengancam akan menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran jika negara-negara Eropa, yang juga menandatangani perjanjian yang sama, tidak “memperbaikinya” dengan perjanjian baru.

Advertisement

Netanyahu, kepada para wartawan Israel setelah bertemu dengan Trump, mengatakan Iran menjadi fokus besar dalam perbincangan yang berlangsung satu jam lebih lama dari yang dijadwalkan.

Netanyahu dan Trump sempat membicarakan soal Suriah, Irak, Lebanon, dan Palestina, kata Netanyahu.

Israel telah menuding Tehran berupaya menempatkan pasukan militer secara permanen di Suriah. Di negara itu pula milisi pro-Iran telah secara aktif mendukung Presiden Bashar al Assad dalam perang saudara yang telah berlangsung selama hampir delapan tahun.

Advertisement

Netanyahu mengancam Israel akan bertindak melawan Iran setelah sebuah pesawat nir-awak milik Tehran terbang melintasi wilayah udara Israel pada bulan lalu. Selain itu sebuah pesawat tempur Israel ditembak jatuh saat melakukan operasi pengeboman di Suriah.

Netanyahu menuding Iran tengah berencana membangun pabrik senjata rudal kendali di Lebanon yang berbatasan langsung dengan Israel.

Advertisement
Kata Kunci : Donald Trump Yerusalem
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif