Sport
Minggu, 4 Maret 2018 - 14:55 WIB

LIGA SPANYOL : Barcelona Vs Atletico: Suel Krusial Penentu Gelar?

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Barcelona vs Atletico Madrid (JIBI/REUTERS/Albert Gea)

Liga Spanyol akan menyajikan laga Barcelona vs Atletio Madrid

Solopos.com, BARCELONA — Pelan namun pasti. Atletico Madrid mulai mengancam posisi Barcelona di singgasana klasemen sementara Liga Primera Spanyol musim ini.

Advertisement

Barcelona memang sempat duduk manis di pucuk klasemen. Akan tetapi tiga hasil seri sejak Februari 2018 lalu membuat keunggulan raksasa Catalan tergerus menjadi hanya lima poin atas Atletico yang menjadi pesaing terdekat mereka dalam 12 pertandingan tersisa musim ini. Duel Barca versus Atletico di Camp Nou, Minggu (4/3/2018) pukul 22.15 WIB, sontak disebut-sebut sebagai partai krusial dalam penentuan gelar.

Atletico bakal memangkas gap mereka dari Barca menjadi hanya dua poin apabila bisa menaklukkan Camp Nou. Persaingan perebutan mahkota Liga Primera Spanyol yang semula membosankan karena dominasi Barca pun bisa kembali mendidih.

“Ini akan menjadi salah satu penentu gelar, karena kami dua kandidat juara, saya tidak tahu kuncinya, sebab dalam beberapa laga ada situasi yang membuat [kemenangan] bisa melayang, mereka merupakan tim yang tidak mudah Anda kendalikan,” jelas Entrenador Barcelona, Ernesto Valverde, dalam jumpa pers, seperti dilansir Sport.es, Sabtu (3/3/2018).

Advertisement

Barca tidak terkalahkan dalam 15 duel terbaru melawan Atletico di Liga Spanyol. Blaugrana, julukan Barcelona, juga tidak menelan kekalahan dalam 29 laga Liga Spanyol terbaru mereka di Camp Nou. Namun, Atletico sedang dalam tren apik berupa tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi sebelum melawat ke Camp Nou. Selain itu, Atletico hanya menelan sekali kekalahan dalam 24 partai tandang teranyar mereka di Liga Spanyol. Satu-satunya kekalahan itu diderita pasukan Diego Simeone ketika tunduk 0-1 di kandang Espanyol, Desember 2017 silam.

Barisan pertahanan Barca harus waspada dengan duet maut bomber Atletico, Antoine Griezmann dan Diego Costa. Saat dipasangkan dengan Costa di lini depan Atletico, Griezmann moncer dengan mencetak tujuh gol hanya dalam dua laga dalam formasi 4-4-2. Sementara Costa meraup tiga gol dan dua assist dalam tujuh penampilannya setelah kembali mengenakan kostum Atletico sejak Januari lalu.

“Mereka cepat, mereka juga bisa berlari dengan bagus menemukan ruang dan punya pengumpan yang bagus seperti Koke dan pencetak gol seperti Griezmann atau Costa,” jelas Valverde.

Advertisement

Namun, Barca juga memiliki duo bomber yang tak kalah maut, Lionel Messi dan Luis Suarez. Sejak trisula MSN pecah karena Neymar hengkang ke Paris Saint Germain (PSG) musim panas lalu, Messi dan Suarez menjadi partner di lini depan Barca dengan formasi 4-4-2. Sejak ditandemkan dengan Suarez, Messi seolah menunjukkan sisi lain dirinya, yakni sebagai pencetak assist.

La Pulga, julukan Messi, menjadi penyumbang assist terbesar bagi raksasa Catalan di Liga Primera musim ini dengan 12 kali. Menariknya, lima assist di antaranya disodorkan untuk gol Suarez. Messi juga berpengalaman mengacak-acak gawang Atletico sebanyak 27 kali dalam 35 laga.

“Dia [Messi] pemain yang berbeda dari yang lain, dalam situasi apa pun, tidak ada strategi  yang bisa mengontrolnya,” jelas Pelatih Atletico, Diego Simeone, dilansir AS.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif