News
Jumat, 2 Maret 2018 - 17:35 WIB

Garuda Indonesia Travel Fair Langsung Diserbu, Tiket ke Luar Negeri Paling Diburu

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2018 di Atrium The Park Mall Solo Baru, Jumat (2/3/2018). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Garuda Indonesia Travel Fair 2018 di The Park Mall Solo Baru langsung diserbu pengunjung yang memburu tiket ke luar negeri.

Solopos.com, SUKOHARJO — Fifi, warga Pasar Kliwon, Solo, bersama adiknya mondar-mandir di antara stan biro tour and travel yang berpartisipasi dalam Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) di Atrium The Park Mall Solo Baru, Jumat (2/3/2018).

Advertisement

Dia melihat daftar harga tiket pesawat terutama untuk tujuan luar negeri yang dipasang masing-masing biro tour and travel. Awal kedatangan, Fifi seperti belum bisa konsentrasi menentukan di mana dia akan membeli tiket tujuan Sydney, Australia, yang tengah dia buru.

Terlebih, hampir semua stan penuh, antre oleh para pengunjung yang juga sama-sama berburu tiket pesawat dengan harga diskon. “Iya tadi datang ke pameran pas buka pukul 10.00 WIB. Tapi sudah ramai sekali,” kata Fifi saat berbincang dengan Solopos.com di stan Nusantaratour, Jumat.

Advertisement

Terlebih, hampir semua stan penuh, antre oleh para pengunjung yang juga sama-sama berburu tiket pesawat dengan harga diskon. “Iya tadi datang ke pameran pas buka pukul 10.00 WIB. Tapi sudah ramai sekali,” kata Fifi saat berbincang dengan Solopos.com di stan Nusantaratour, Jumat.

Fifi sudah sejak tahun lalu menunggu pameran tiket murah dari maskapai pelat merah Garuda Indonesia. Di sana dia berburu tiket ke Sydney, Australia, untuk perjalanan akhir Maret.

“Momen diskon seperti ini sudah benar-benar ditunggu, dari tahun lalu sudah menunggu banget. Setelah lihat-lihat kayaknya Sydney nih yang paling murah,” kata dia.

Advertisement

Dia membeli dua tiket untuk ke Sydney bersama adiknya. “Ya, mau liburan aja. Holiday, kira-kira sebulan di sana nanti,” tutur Fifi.

Manager Rosalia Indah Tour and Travel (Rosin Tours) Andy Apriyanto menilai respons pasar dengan adanya promo tiket pesawat murah dalam GATF sangat luar biasa. “Tadi kami buka pukul 10.00 WIB. Ini baru 10.18 WIB sudah ada beberapa pelanggan yang beli tiket perjalanan ke Amsterdam, Hongkong, London, luar biasa sekali responsnya,” kata Andy.

Di GATF, pelanggan bisa mendapatkan tiket ke Amsterdam hanya dengan nilai Rp10,5 juta untuk pulang-pergi, ke Hongkong hanya Rp4 jutaan. “Kebanyakan pelanggan adalah traveller yang berburu tiket untuk berwisata di periode peak season Juni-Agustus. Mereka sengaja beli sekarang karena kalau beli mendekati peak season harganya sudah beda lagi.”

Advertisement

Andy berharap GATF periode I tahun ini menjadi momentum bagi Rosalia Indah Tour and Travels tidak hanya untuk meningkatkan brand awarness tapi juga memperbesar pangsa pasar. Rosin Tours tidak hanya menjual tiket pesawat tapi juga mengombinasikan paket tur wisata baik domestik maupun internasional.

General Manager (GM) Garuda Indonesia Solo, Hendrawan, menilai wajar jika di awal pembukaan pameran ratusan calon pelanggan sudah antre berburu tiket. Mulai pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB ada sesi happy hour.

Pada sesi itu pelanggan bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga paling murah atau harga terendah. “Dalam sehari ada dua sesi happy hour, pukul 10.00 WIB-13.00 WIB dan 16.00 WIB-18.00 WIB,” kata dia.

Advertisement

Dengan melihat respons pasar, Hendrawan optimistis target transaksi Rp6 miliar selama pameran bakal tercapai. GATF bakal berlangsung hingga Minggu (4/3/2018). Pameran diikuti empat agen IATA, beberapa sub agent, empat agen umrah, tiga hotel, dan tenant pendukung lainnya.

Selama GATF 2018 pelanggan akan mendapatkan berbagai penawaran menarik antara lain diskon sampai dengan 15% untuk penerbangan domestik dan 20% untuk penerbangan internasional. Hendrawan mencontohkan pelanggan yang ingin ke Amsterdam bisa mendapatkan tiket pesawat hanya dengan harga Rp10,5 juta terbang dari Solo.

Harga ini jauh lebih terjangkau ketimbang harga reguler, yang bisa mencapai lebih dari Rp16 juta. “Kalau untuk Solo-Jakarta kami buka mulai dari harga Rp400.000-an per tiket.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif