Teknologi
Jumat, 2 Maret 2018 - 04:45 WIB

Berkat Mikroba, Peneliti Simpulkan Tanda-Tanda Kehidupan di Mars

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Permukaan Planet Mars (Dailymail.co.uk)

Mikroba telah ditemukan di padang pasir sebelumnya, namun tidak jelas apakah mereka adalah penduduk asli atau sisa-sisa kehidupan yang tertiup angin.

Solopos.com, WASHINGTON – Badai aneh telah membawa serangga yang bisa mengindikasikan ada kehidupan di Mars. Para ilmuwan telah menemukan mikroba yang telah terbengkalai di tanah selama beberapa dekade.

Advertisement

Dilansir Independent.co.uk, Kamis (1/3/2018), tanpa air, mereka tidur nyenyak sampai hujan datang dan membangunkan mereka kembali. Bug itu tinggal di bagian paling kering di gurun Atacama Amerika Selatan.

Ilmuwan melihatnya, prinsip yang sama bisa diterapkan di Mars. Mereka menyarankan agar kehidupan dasar yang serupa bisa bersembunyi di permukaannya.

Advertisement

Ilmuwan melihatnya, prinsip yang sama bisa diterapkan di Mars. Mereka menyarankan agar kehidupan dasar yang serupa bisa bersembunyi di permukaannya.

Ilmuwan Planetary Dr Dirk Schulze-Makuch, dari Washington State University, mengatakan dirinya ingin pergi ke tempat di mana orang tidak berpikir bahwa ada sesuatu yang bisa bertahan dan menemukan bahwa ada makhluk hidup ditemukan.

“Penelitian kami memberi tahu bahwa jika kehidupan dapat bertahan di lingkungan terkering di Bumi, ada kemungkinan besar hal itu dapat dilakukan di Mars dengan cara yang sama,” tuturnya.

Advertisement

Mikroba telah ditemukan di padang pasir sebelumnya, namun tidak jelas apakah mereka adalah penduduk asli atau sisa-sisa kehidupan yang tertiup angin. Jawabannya datang setelah hujan yang sangat langka memicu ledakan aktivitas biologis.

Tes genetika mengungkapkan, beberapa spesies asli bakteri yang telah beradaptasi untuk tinggal di lingkungan yang keras.

Perjalanan kembali ke Atacama pada tahun 2016 dan 2017 mengungkapkan bahwa serangga yang sama berangsur-angsur kembali ke keadaan yang tidak aktif saat tanah di sekitar mereka mengering.

Advertisement

“Di masa lalu para periset telah menemukan organisme sekarat di dekat permukaan dan sisa-sisa DNA. Tapi ini benar-benar pertama kalinya seseorang dapat mengidentifikasi bentuk kehidupan yang terus-menerus yang tinggal di tanah gurun Atacama,” kata Dr Schulze-Makuch.

Timnya percaya bahwa komunitas mikroba ini dapat terbengkalai selama ratusan atau bahkan ribuan tahun dalam kondisi yang sangat mirip dengan apa yang Anda temukan di planet seperti Mars dan kemudian kembali hidup saat hujan turun.

Miliaran tahun yang lalu, Mars diketahui memiliki samudera dan danau di mana bentuk kehidupan awal mungkin telah berkembang. Saat planet ini mengering dan menjadi lebih dingin, serangga Mars bisa bertahan dengan cara yang sama seperti rekan Atacama mereka.

Advertisement

“Jika kehidupan berevolusi di Mars, penelitian kami menunjukkan bahwa hal itu bisa menemukan ceruk sub-permukaan di bawah permukaan yang sangat kering ini,” tambah Dr Schulze-Makuch.

Seorang penjelajah Eropa akan mendarat di Mars pada tahun 2021 sebagai bagian dari misi ExoMars akan mengebor dua meter ke tanah untuk mencari tanda-tanda kehidupan.

Advertisement
Kata Kunci : Planet Mars
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif