Jateng
Jumat, 23 Februari 2018 - 14:50 WIB

Liga 3 Jateng Bergulir Maret, Berikut Jadwal dan Regulasinya...

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Gotong Royong Ronaldo Rubener Wanma (tengah) dengan rekanya melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang PSISra, Sragen dalam laga Liga 3 PSSI di stadion Manahan, Solo, Senin (14/7/2017). (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Liga 3, kompetisinya di tingkat Jawa Tengah (Jateng) akan bergulir mulai Maret nanti.

Semarangpos.com, SEMARANG – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah (Jateng) akan menggulirkan kompetisi Liga 3 tingkat provinsi mulai 25 Maret-22 Juli 2018 nanti.

Advertisement

Putut Adi Wibowo dari Komite Kompetisi Asprov PSSI Jateng mengatakan jadwal Liga 3 Tingkat Jateng Tahun 2018 ini memang digelar lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. “Salah satu alasan karena bulan Agustus nanti tingkat regional sudah digelar. Jadi, sebisa mungkin tingkat provinsi harus sudah selesai digelar Juli nanti,” jelas Putut saat dihubungi Semarangpos.com, Kamis (22/2/2018).

Putut berharap dengan digulirkan lebih cepat, tim Jateng yang lolos ke tingkat regional nanti memiliki waktu yang lebih lama untuk melakukan persiapan. Total ada sekitar lima klub yang tampil di Liga 3 tingkat Jateng yang nantinya berhak lolos ke babak regional.

Advertisement

Putut berharap dengan digulirkan lebih cepat, tim Jateng yang lolos ke tingkat regional nanti memiliki waktu yang lebih lama untuk melakukan persiapan. Total ada sekitar lima klub yang tampil di Liga 3 tingkat Jateng yang nantinya berhak lolos ke babak regional.

“Lima tim yang lolos ke babak regional nanti empat di antaranya merupakan tim yang mampu mencapai babak semifinal. Sementara satu tim lainnya merupakan tim delapan besar terbaik,” imbuh Putut.

Dari data yang diperoleh Semarangpos.com, Kamis, akan ada 28 klub yang akan tampil pada Liga 3 tingkat Jateng nanti. Mereka akan memulai proses pendaftaran pada 26 Februari-5 Maret.

Advertisement

Berdasarkan Surat Edaran PSSI Nomor: 02/II/2018 tanggal 19 Februari 2018, lima tim Jawa Tengah akan mendapat tiket lolos ke babak regional Jawa yang diikuti 32 klub. Babak tersebut direncanakan mulai bergulir Agustus 2018. Dari fase itu, diambil delapan tim yang melanjutkan perjuangan di babak nasional menghadapi wakil dari regional lain, plus 40 klub yang terdegradasi dari Liga 2 musim lalu.

Untuk Jawa Tengah sendiri ada tujuh tim yang sudah menunggu di fase nasional dan merupakan tim yang terdegradasi dari Liga 2 musim lalu. Ketujuh tim itu, yakni PSCS Cilacap, Persijap Jepara, Persip Pekalongan, PPSM Magelang, Persipur Purwodadi, Persibas Banyumas, dan Persibangga Purbalingga.

”Kami terus menggelar sosialisasi kepada klub-klub amatir di Jawa Tengah terkait regulasi dan jadwal kompetisi nanti. Kami juga menggelar diskusi di Kantor Asprov PSSI Jateng agar persiapan kompetisi benar-benar matang,” terang Putut.

Advertisement

Tahapan Liga 3 Jawa Tengah

  1. Pendaftaran : 26 Februari-5 Maret 2018
  2. Verifikasi Stadion : 1-8 Maret 2018
  3. Manager meeting dan workshop : 10 Maret 2018
  4. Pendaftaran pemain dan ofisial : 12-20 Maret 2018 dan 22–29 Maret 2018 (tambahan)

Jadwal Kompetisi

  1. Putaran pertama: 25 Maret-15 April 2018.
  2. Putaran kedua : 15-29 April 2018
  3. Babak 8 besar : 6 Mei 2018 (leg pertama) dan 9 Mei 2018 (leg kedua)
  4. Semifinal : 8 Juli 2018 (leg pertama) dan 15 Juli (leg kedua)
  5. Final : 22 Juli 2018

Calon Peserta

Advertisement

Persiku Kudus, PSIP Pemalang, Persitema Temanggung, PSD Demak, Persebi Boyolali, Persiharjo Sukoharjo, Persikaba Blora, PSIK Klaten, Psisra Sragen, Persiwi Wonogiri, Persipa Pati, PSIW Wonosobo, Psisa Salatiga, Persikama Kabupaten Magelang, Persekap Kabupaten Pekalongan, ISP Purworejo, Persika Karanganyar, Persak Kebumen, Persibara Banjarnegara, Berlian Rajawali Semarang, Persikas Kabupaten Semarang, Hati Beriman FC Salatiga, Persab Brebes, Persis Muda Gotong Royong Solo, Persegal Tegal, Bhayangkara Muda FC Semarang, Persekat Kabupaten Tegal, BJL 2000 FC Semarang.

Sumber (Asprov PSIS Jateng)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif