News
Jumat, 23 Februari 2018 - 12:55 WIB

Harga Kertas HVS Capai Rp300.000 per Rim

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buku. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Penjualan buku di toko buku menurun

Harianjogja.com, JOGJA-Harga kertas HVS mengalami kenaikan sejak setahun yang lalu. Saat ini harga kertas HVS mencapai Rp300.000 per rim.

Advertisement

Kondisi ini membuat penerbit harus menerapkan strategi untuk mempertahankan kapasitas produksinya. Bahkan penjualan buku di toko buku menurun karena harganya naik.

Manajer Social Agency Sagan Agung Afianto mengatakan, kenaikan harga kertas HVS menyebabkan harga buku cetakan baru naik sebesar 10%-20%. Tentunya dengan harga buku yang tinggi, minat pembelian juga mengalami penurunan.

“Ada banyak perubahan yang mempengaruhi turunnya minat beli saat ini. Selain kertas HVS yang makin mahal sehingga harga buku naik, era digital juga mempengaruhi penjualan buku cetak,” kata Agung, Kamis (22/2/2018).

Advertisement

Dikatakan oleh Agung, untuk membuat kurva permintaan stabil kembali, Social Agency menggencarkan penjualan melalui beberapa marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Agung mengatakan, pembelian jauh lebih besar didapatkan dari marketplace meskipun harga buku menjadi lebih tinggi karena biaya kirim. Maka untuk selanjutnya, Social Agency Sagan akan terus melakukan penjualan ke marketplace.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif