News
Kamis, 22 Februari 2018 - 17:30 WIB

Tak Pulang-Pulang, Rizieq Shihab Dimasukkan ke Bursa Capres

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Politikus PKS berfoto dengan Rizieq Shihab di Arab Saudi. (Istimewa)

Meski tak kunjung pulang sejak terjerat kasus dugaan pornografi, Rizieq Shihab dimasukkan pendukungnya ke bursa capres.

Solopos.com, JAKARTA — Kendati tengah berada di luar negeri, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masih mendapat dukungan. Meski masih jauh di bawah para tokoh populer lainnya, nama Rizieq ada dalam 24 orang yang muncul dalam survei elektabilitas jelang Pilpres 2019.

Advertisement

Jajak pendapat Media Survei Nasional (Median) dari 1-9 Februari 2018 mendapati Rizieq masuk dalam daftar 24 nama calon presiden pilihan responden. Tingkat keterpilihan pria kelahiran Tanah Abang itu sebesar 0,3%.

Survei dilakukan terhadap 1.000 responden dengan marjin kesalahan +/-3,1% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling secara proporsional asal provinsi dan gender.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan awalnya Rizieq tidak dimasukkan dalam daftar 33 nama capres untuk disodorkan kepada responden. Namun, secara mengejutkan ada responden yang memilih nama pendiri FPI itu. Baca juga: Rizieq Shihab Hidup Senang, Punya Rumah dan Mobil di Arab Saudi.

Advertisement

Akhirnya, terhimpun 24 nama capres yang meraup suara dari publik. Selain Rizieq, nama lain yang disebut responden kendati tak masuk 33 daftar nama adalah Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, Rhoma Irama, Ustadz Abdul Shomad. Baca juga: Terbelah, Sebagian Alumni 212 Tak Ingin Rizieq Shihab Pulang.

“Habib Rizieq, bahkan ketika di luar negeri kita bisa merasakan getarannya. Dia mau pulang tak jadi aja beritanya ramai. Tak hanya di media konvensional tapi di media sosial,” katanya saat merilis survei bertajuk Lampu Kuning untuk Jokowi di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Rizieq berada di Arab Saudi sejak April 2017. Isu kepulangan pentolan Persaudaraan Alumni 212 itu beberapa kali bergulir, tetapi urung terealisasi. Terakhir, kemarin Rizieq membatalkan rencana kepulangannya ke Tanah Air. Baca juga: Rizieq Shihab Batal Pulang, Panitia Penjemputan Bubar.

Advertisement

Meski demikian, Rizieq bukan tokoh Islam yang memiliki elektabilitas tertinggi. Namanya di bawah Anis Matta, Fahri Hamzah, Zainul Majdi, Ahmad Heryawan, dan Mahfud MD. Rizieq hanya unggul dari Rhoma Irama, Abdul Shomad, dan Muhaimin Iskandar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif