Sport
Rabu, 21 Februari 2018 - 08:25 WIB

LIGA CHAMPIONS : Lawan Shakhtar, Roma Punya Memori Pahit

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - AS Roma (JIBI/REUTERS/Eddie Keogh)

Liga Champions akan menyajikan duel Shakhtar Donetsk vs AS Roma.

Solopos.com, KHARKIV — AS Roma pantas memandang sebelah mata Shakhtar Donetsk pada babak 16 besar Liga Champions musim ini.

Advertisement

Tim asa Ukraina ini memang bukan tim favorit di Liga Champions. Tapi, mereka membuat kejutan lolos ke babak 16 besar setelah finis sebagai runner-up Grup F dengan mengungguli Napoli dan Feyenoord. Selain itu, Shakhtar menjadi satu-satunya tim di Grup F yang mampu menodai juara Grup F, Manchester City.

Roma sendiri memiliki pengalaman pahit melawan Shakhtar. Tim berjuluk Il Giallorossi tersebut takluk dari Shakhtar dalam dua leg pada babak 16 besar Liga Champions 2010/2011. Memori pahit itulah yang bakal berusaha dikikis Roma ketika bertandang ke markas Shakhtar pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Oblasny SportKomplex Metalist, Kharkiv, Kamis (22/2/2018) pukul 02.45 WIB.

Striker Roma, Edin Dzeko, sangat yakin timnya bisa meraih hasil positif di kandang Donetsk. Pasalnya, Il Giallorrosi, sedang dalam kepercayaan diri tinggi seusai meraih hattrick kemenangan di Seri-A. Masing-masing menang 1-0 atas Verona, 5-2 atas Benevento, dan 2-0 atas Udinese.

Advertisement

Hasil tersebut mengakhiri periode sulit Roma ketika tak pernah menang dalam tujuh pertandingan beruntun di semua kompetisi. Keberhasilan Roma itu antara lain dikarenakan adanya perubahan formasi dari 4-3-3 ke formula baru 4-2-3-1.

“Kami merasa sangat percaya diri setelah menang tiga laga beruntun, tim dalam performa bagus dan kami benar-benar menikmati sistem baru. Shakhtar tim yang sangat unik dalam skuat yang mereka punya dan mereka hanya bermain dalam satu laga kompetitif setelah jeda musim dingin, jadi secara fisik mereka diuntungkan. Kami harus mengerahkan semua kemampuan dan mengatasi situasi itu,” jelas Dzeko, seperti dilansir football-italia.net, Selasa (20/2).

Sayang, pemain Roma, Alessandro Florenzi, diragukan bisa turun ke lapangan. Gelandang berusia 26 tahun tersebut menderita sakit perut dan terpaksa batal menghadiri jumpa pers sebelum laga. Sebagai gantinya, kapten Daniele De Rossi yang mengambil alih tugas tersebut dan mendampingi pelatih Eusebio Di Francesco.

Advertisement

“Florenzi tidak dalam kondisi bagus, dia tinggal di hotel. Dia tidak bisa main sementara. Namun lihat saja besok,” jelas Di Francesco.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif