Jateng
Rabu, 21 Februari 2018 - 02:50 WIB

KEAMANAN SEMARANG : Seluruh CCTV Kota ATLAS Diintegrasikan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peresmian Situation Room di Kompleks Balai Kota Semarang, Senin (19/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Humas Pemkot Semarang)

Keamanan Semarang bakal didukung sistem closed circuit television (CCTV) yang terintegrasi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang bakal mengintegrasikan seluruh perangkat closed-circuit television (CCTV) di berbagai titik kota bersemboyan Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat (ATLAS) itu untuk mengawasi situasi keamanan guna menekan tindak kriminalitas.

Advertisement

“Ini adalah pengembangan monitoring room yang sudah kami miliki. Namanya, situation room,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat meresmikan situation room di Kompleks Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (19/2/2018). Situation room terletak persis di atas Kantor Wali Kota Semarang yang berperan mengawasi kondisi lalu lintas, rumah pompa, wilayah banjir, perkembangan kegiatan pembangunan, hingga tren percakapan di media sosial.

Sebelumnya, monitoring room yang dimiliki hanya sebatas menyajikan data-data, sementara dengan situation room sudah bisa langsung diolah untuk dihasilkan menjadi sebuah kegiatan yang konkret. Termasuk, kata Hendi—sapaan akrab politikus PDI Perjuangan itu—kondisi keamanan di Kota Semarang dengan mengintegrasikan seluruh perangkat CCTV yang ada di wilayah setempat untuk terhubung dengan situation room.

“Jadi, semua urusan Kota Semarang terhubung dalam situation room ini, mulai kondisi lalu lintas, kondisi rumah pompa, mendeteksi wilayah banjir, kegiatan pembangunan, hingga kondisi keamanan,” katanya.

Advertisement

Untuk mengintegrasikan seluruh CCTV di Kota Semarang, kata dia, diperlukan partisipasi masyarakat karena membutuhkan alamat  internet protocol (IP) dari masing-masing CCTV yang dimiliki masyarakat. “Penting untuk masyarakat proaktif dengan memberitahu kami mengenai alamat IP CCTV yang dimiliki masing-masing, baik itu di lingkunagn perumahan, kantor, pusat perbelanjaan, toko, sekolah, dan lainnya,” katanya.

Dengan perangkat CCTV yang saling terhubung dan terintegrasi, lanjut dia, tentunya akan semakin mempermudah Pemkot Semarang dan polisi memantau kondisi keamanan di seluruh wilayah di Kota Semarang. Hendi optimistis dengan terintegrasinya seluruh CCTV di Kota Semarang dapat menekan angka kriminalitas dan penindakan terhadap kasus kriminal dapat dilakukan secara lebih cepat.

“Kalau seluruh CCTV di Kota Semarang sudah terhubung, semakin mempermudah kami dan sedulur-sedulur kepolisian memantau kondisi keamanan. Di mana pun lokasinya, kalau mencurigakan langsung terpantau,” katanya.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif