Sport
Minggu, 18 Februari 2018 - 22:25 WIB

LAGA UJI COBA : Persibat Batang, Ujian Pertama Persis Solo di Pramusim

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo menjalani sesi latihan bersama di Lapangan Bolon, Colomadu, Karanganyar, Selasa (13/2/2018). (JIBI/Solopos/M. Ferri Setiawan)

Laga uji coba akan menyajikan duel Persis Solo vs Persibat Batang.

Solopos.com, SOLO — Saat Persibat Batang menggelar seleksi pemain secara terbuka pada awal Desember 2017 lalu, skuat Persis Solo sama sekali belum terbentuk. Laskar Alas Roban, julukan Persibat Batang, jelas punya persiapan yang lebih matang saat bertemu Laskar Sambernyawa, julukan Persis Solo, di laga uji coba di Stadion Manahan, Senin (18/2/2018).

Advertisement

Ini adalah kali pertama Persis Solo menjalani laga uji coba resmi dengan klub selevel setelah Laskar Sambernyawa menjalani pemusatan latihan selama enam pekan terakhir. Sebelumnya, Chandra Waskito dkk. hanya menjalani laga uji coba melawan lima klub internal. Berbeda dengan Persibat Batang yang sudah menggelar tiga laga uji coba dengan klub selevel.

Persibat Batang yang kini diperkuat Busari, 32, pemain senior yang pernah memberkuat Madura United dan PSS Sleman mampu mengalahkan Persika Karawang dalam laga uji coba pada 26 Januari 2018 lalu. Persika Karawang yang diperkuat eks bomber Persis Solo, Rudiyana, dipecundangi dengan skor 0-1 saat kedua tim bertemu di Stadion M. Sarengat Batang.

Persibat yang diasuh Daniel Roekito (mantan pelatih Persib Bandung) juga sudah beruji coba melawan Persik Kendal dalam format home dan away. Namun, kedua tim sama-sama berbagi angka baik di kandang maupun tandang.

Advertisement

Selain Busari, beberapa pemain baru Persibat yang bakal unjuk gigi di Stadion Manahan antara lain Kurnia Nanda (eks pemain Persiba Bantul), Abdul Jalil (eks pemain PSMS Medan), Deni Kusnanto (eks pemain Persis GR) dan lain-lain.

“Kami tidak ada target khusus saat menghadapi Persis Solo. Kami hanya ingin cari pengalaman bertanding dengan Persis Solo, klub yang lebih bagus. Kebetulan skuat kami banyak dihuni oleh pemain lokal,” kata Daniel Roekito dalam pesan singkat yang diterima Solopos.com, Minggu (18/2/2018).

Menjamu Persibat Batang, Persis Solo dipastikan tidak bisa diperkuat bek kanan Dedi Tri Maulana. Pemain berusia 18 tahun itu tidak bisa bersama tim karena mendapat panggilan Timnas U-19 untuk menjalani training camp (TC) selama sepekan di Jakarta. Posisi yang ditinggalkan Dedi Tri bisa ditempati Ade Fanny yang berposisi asli sebagai winger kanan.

Advertisement

Laga melawan Persibat Batang bisa menjadi ajang pembuktian bagi Chandra Waskito. Sejauh ini, eks pemain PSS Sleman itu menjadi striker tersubur Persis Solo saat menjalani lima laga uji coba melawan klub internal dengan koleksi 12 gol. Kito tak pernah melewatkan untuk mencetak gol ke gawang lima klub internal. Menariknya, semua gol dari Kito dicetak kala pria berusia 23 tahun itu turun sebagai pemain pengganti.

Pelatih Persis Solo Freddy Muli mengakui sebetulnya program latihan yang dijalani M. Wahyu dkk. baru memasuki fase kedua dengan materi mengasah skill individu, menyerang dan bertahan secara kolektif. Program latihan yang dijalani skuat Laskar Sambernyawa dalam enam pekan terakhir belum masuk ke fase ketiga yakni mengasah strategi dan taktik bermain.

“Kami masih butuh enam pekan lagi untuk memasuki fase ketiga dalam program latihan. Tapi, laga uji coba ini penting untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan program latihan yang baru dijalani selama enam pekan itu,” jelas Freddy.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif