News
Sabtu, 17 Februari 2018 - 20:10 WIB

Dikira Suporter Persija, Bus Jemaah Umrah Wali Kota Bogor Dilempari Batu

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi garis polisi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Bus jemaah umrah yang juga ditumpangi Wali Kota Bogor Bima Arya dilempari batu, diduga mereka dikira suporter Persija.

Solopos.com, BOGOR — Bus pariwisata yang ditumpangi rombongan jemaah umrah termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto beserta keluarga dilempari batu saat melintas di Tol Jagorawi KM 27, kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2018).

Advertisement

Bima saat dihubungi Antara menjelaskan peristiwa pelemparan terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Pelemparan diduga dilakukan oleh sekelompok suporter tim sepak bola yang berkumpul di sekitar tol.

“Ini dugaan saya, karena mereka tidak pake atribut. Mereka duduk-duduk dipinggir jalan tol, setelah kami melintas kami melihat ada mobil suporter The Jakmania berjarak mungkin sekitar 500 meter dari lokasi mobil kami di serang,” kata Bima.

Akibat lemparan batu tersebut, kaca bus pariwisata dengan nomor polisi F 7950 AA yang ditumpangan 28 orang jemaah umrah pecah dan retak-retak. Bahkan dua perempuan di dalam bus mengalami luka kecil pada bagian pipi akibat pecahan kaca.

Advertisement

Menurut Bima, saat kejadian pelemparan seluruh jemaah kaget. Bahkan bus sempat oleng sehingga seluruh jamaah shock dengan kejadian tersebut.

“Tadi sopir sempat mau berhenti, tapi saya arahkan untuk tetap jalan dan berhenti di shell [rest area],” katanya.

Bima menduga, pelemparan dilakukan oleh suporter bola karena saat ini juga sedang dilaksanakan final Piala Presiden 2018 yang mempertemukan antara Persija Jakarta dan Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno. “Ini baru dugaan, karena kebetulan seluruh jamaah umrah mengenakan baju oranye khasnya Persija,” kata Bima.

Advertisement

Hingga pukul 15.45 WIB seluruh penumpang bus jamaah umroh sudah dapat menenangkan diri. Pihak travel juga sudah mengirim bus pengganti untuk melanjutkan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta.

Bima mengatakan peristiwa tersebut menjadi catatan penting yang harus menjadi perhatian bersama. Apalagi menyangkut keselamatan pengguna kendaraan di jalan tol.

“Mungkin ini bisa jadi perhatian aparat keamanan, kenapa bisa ada yang bergerombol di jalan tol, apalagi suppoter bola. Bisa jadi bahan evaluasi agar peristiwa ini tidak terulang lagi,” kata Bima.

Bima bersama istri dan kedua anaknya hari ini bertolak ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah. Rombongan berangkat dari Masjid Raya Bogor pukul 14.00 WIB. Dalam rombongan tersebut juga ada istri Sekda Ade Sarip Hidayat dan istri Ketua DPRD Kota Bogor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif