Jateng
Jumat, 16 Februari 2018 - 23:30 WIB

WISATA SEMARANG : Imlek, Pengunjung Sam Poo Kong Capai 10.000 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata di Semarang, salah satu objeknya adalah Kelenteng Sam Poo Kong yang selalu ramai saat Tahun Baru China atau Imlek.

Semarangpos.com, SEMARANG – Berbagai tempat wisata di Kota Semarang menjadi tujuan wisatawan saat libur panjang Tahun Baru China atau Imlek. Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit tak lain adalah Kelenteng Sam Poo Kong yang terletak di Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Semarang.

Advertisement

Bahkan, saat libur Imlek, Jumat (16/2/2018), kelenteng yang menjadi tempat persingahan Laksamanan asal Tiongkok, Sam Poo Kong, pada tahun 1415 itu dikunjung tak kurang dari 10.000 wisatawan.

Seorang pengurus Yayasan Sam Poo Kong, Mulyadi Setia, menyebutkan ramainya wisatawan yang datang ke objek wisata yang juga disebut Gedung Batu itu sudah terlihat sejak dua hari terakhir.

“Jumlah kunjungannya ada 10 ribu lebih [wisatawan] atau naik 10 kali lipat dibanding hari libur biasa, yang berkisar antara 500-800 orang,” ujar Mulyadi saat dijumpai wartawan di Kelenteng Sam Poo Kong, Jumat siang.

Advertisement

Mulyadi menambahkan wisatawan yang berkunjung ke Sam Poo Kong itu berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Jogja, hingga Pulau Jawa. Mereka datang untuk melihat berbagai acara yang ditampil di Sam Poo Kong saat Tahun Baru China.

“Kebetulan Imlek tahun ini lebih semarak, makanya kami menyiapkan berbagai atraksi seperti barongsai, liong, kesenian reog, live musik, maupun event lain,” tutur Mulyadi.

Selain menikmati berbagai atraksi hiburan, pengunjung yang hadir di Sam Poo Kong pun diizinkan melihat masuk ke dalam kelenteng yang terdapat petilasan Laksamana Cheng Ho.

Advertisement

Manager Operasional Sam Poo Kong, Anandita Renaldi, menambahkan acara memeriahkan Imlek itu akan berlangsung sampai Minggu (18/2/2018) nanti.

Ia mengakui bahwa gaung Imlek tahun ini lebih semarak. Oleh karenanya, ia pun mengundang para pejabat negara seperti Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono; Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto; dan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, untuk menghadiri pembukaan Imlek di Sam Poo Kong.

Tema acara yang diangkat tahun ini adalah Pesta Rakyat untuk Kebersamaan. Untuk itulah, ia menampilkan para seniman lokal dalam setiap sesi pertunjukan tarian napak buto, angklung dan reog.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif