Soloraya
Rabu, 14 Februari 2018 - 11:00 WIB

WISATA BOYOLALI : Rumah Arca Boyolali Simpan 250 Benda Bersejarah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koleksi arca Rumah Arca Boyolali di kompleks pendopo alit rumah dinas Bupati Boyolali. (Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Wisata Boyolali, Rumah Arca Boyolali menyimpan ratusan arca peninggalan sejarah.

Solopos.com, BOYOLALI — Rumah Arca Boyolali yang berada di kompleks pendopo alit rumah dinas Bupati Boyolali, tepatnya di sisi utara Masjid Agung, menyimpan sekitar 250 arca berbagai ukuran.

Advertisement

Arca-arca itu merupakan peninggalan sejarah Nusantara yang ditemukan di wilayah kabupaten yang dikenal sebagai Kota Susu ini. Koleksi arca eragam jenis dan tahun pembuatannya. Namun paling banyak arca ini diperkirakan dibuat pada abad VIII hingga IX Masehi.

Dilihat dari kondisinya, arca-arca ini cukup terawat meskipun banyak yang aus atau tidak utuh saat ditemukan. Misalnya arca Siwa Maha Dewa dan sapi (nandi) sudah tidak berkepala. Demikian pula yoni-yoni yang sebagian patah pada salah satu bagiannya.

Dalam buku catatan arsip/inventaris di Rumah Arca Boyolali, benda-benda peninggalan sejarah ini ditemukan tahun 1970-an dan tahun-tahun berikutnya di berbagai wilayah di antaranya Kecamatan Sawit, Teras, Banyudono, Musuk, dan sebagainya.

Advertisement

Di antara arca yang ditemukan tahun 1970-an adalah arca Budha setinggi 77 cm. Arca ini terbuat dari batu andesit dan ditemukan 1978 di pekarangan Sontopawira, warga Guwokajen, Kecamatan Sawit.

Juru pelihara acra, Karminto, 47 mengatakan arca-arca koleksi Rumah Arca Boyolali merupakan koleksi Taman Kridanggo, Boyolali Kota sebelum kemudian dipindah ke kompleks pendopo tersebut.

“Sebagian yang di sini kan sebenarnya pindahan dari yang di Kridanggo. Sebagian lain dikoleksi Museum Hamong Wardoyo,” ujar Karminto yang berstatus sebagai ASN Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah ini saat berbincang dengan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif