News
Rabu, 14 Februari 2018 - 00:50 WIB

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 14 Februari Dianggap Hari Kasih Sayang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Youtube. (Youtube.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 14 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 14 Februari. Pada 14 Februari, sebagian kalangan merayakannya sebagai Valentine’s Day alias harinya Santo Valentine yang dianggap juga sebagai Hari Kasih Sayang.

Advertisement

Selain Hari Kasih Sayang, terdapat beberapa persitiwa bersejarah yang patut dikenang pada 14 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

269
Seorang uskup dan martir Katolik, Santo Valentine, meninggal dunia di Roma. Pada abad pertengahan, 14 Februari kemudian dikaitkan dengan tradisi cinta kasih. Hingga kini, sebagian orang memperingati 14 Februari sebagai Valentine’s Day alias harinya Santo Valentine yang dianggap juga sebagai Hari Kasih Sayang.

Advertisement

269
Seorang uskup dan martir Katolik, Santo Valentine, meninggal dunia di Roma. Pada abad pertengahan, 14 Februari kemudian dikaitkan dengan tradisi cinta kasih. Hingga kini, sebagian orang memperingati 14 Februari sebagai Valentine’s Day alias harinya Santo Valentine yang dianggap juga sebagai Hari Kasih Sayang.

1929
Gangster terbesar di Chicago, Amerika Serikat (AS), Al Capone, membantai tujuh gangster saingannya. Dalam pembantaian itu, salah satu pemimpin gangster di Chicago, Geroge Bugs Moran, terbunuh. Al Capone adalah geng yang menyuplai sejumlah minuman keras ilegal dan barang ilegal lainnya. Geng ini dipimpin Alphonse Gabriel Capone. Kini peristiwa itu disebut dengan Pembantaian Hari Valentine.

Gardu pertahanan senapan mesin Inggris di Pasir Panjang yang juga digunakan saat Pertempuran Pasir Panjang, 1942. (Wikimedia.org)

Advertisement

1942
Inggris yang kalah dari Jepang dalam Pertempuran Pasir Panjang di Singapura kemudian berniat mengevakuasi tentaranya ke Batavia menggunakan kapal HMS Li Wo. Namun saat proses evakuasi tentara menuju kapal sedang berlangsung, HMS Li Wo tenggelam setelah diserang kapal perang milik Jepang.

1943
Pasukan Uni Soviet berhasil membebaskan wilayah Rostov, Rusia yang dikuasai pasukan Jerman. Sebelumnya, Jerman telah menguasai wilayah tersebut sejak Desember 1941.

Soeprijadi. (Wikimedia.org)

Advertisement

1945
Pasukan Pembela Tanah Air (Peta) yang dipimpin Soeprijadi melakukan pemberontakan terhadap Jepang di Blitar. Namun demikian, pasukan Jepang dengan mudah meredam pemberontakan dan berhasil menangkap beberapa prajurit Peta yang ikut melakukan pemberontakan. Diperkirakan ada enam sampai delapan prajurit pemberontak yang dieksekusi mati oleh Jepang. Soeprijadi disebut-sebut mampu selamat dan melarikan diri dari kejaran tentara Jepang.

1950
Tentara Republik Tiongkok menyerbu Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok di Tianquan, Sichuan. Salah satu serangan Tentara Republik Tiongkok di masa Perang Saudara Tiongkok itu dianggap gagal lantaran Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mampu memenangi pertempuran meski terlebih dahulu diserang.

1956
Indonesia menyatakan keluar dari Uni Belanda-Indonesia yang kemudian membuat uni tersebut bubar dengan sendirinya. Uni Belanda-Indonesia adalah hubungan konfederasi antara Belanda dan Indonesia yang berdiri pada 27 Desember 1949.

Advertisement

1966
Mata uang dolar Australia resmi diperkenalkan sebagai alat pembayaran sah di Australia menggantikan pound Australia. Kini, dolar Australia juga digunakan sebagai alat pembayaran resmi di Pulau Natal, Kepulauan Cocos, Pulau Heard, Kepulauan McDonald, Pulau Norfolk, Kiribati, Nauru dan Tuvalu.

1974
Penulis asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, dideportasi dari Uni Soviet. Solzhenitsyn dideportasi dari Uni Soviet setelah didakwa sebagai pengkhianat karena telah menerima Penghargaan Nobel Kesusastraan di Stockholm, Swedia.

2005
Youtube resmi diluncurkan sebagai laman berbagi video. Sekitar dua tahun kemudian, Youtube resmi menjadi anak perusahaan Google setelah dibeli dengan nilai US$1,65 miliar. Kini, Youtube merupakan situs berbagi video terbesar di dunia dan menjadi sumber utama video yang disebarkan di Internet. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Februari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif