Sport
Selasa, 13 Februari 2018 - 07:25 WIB

LIGA CHAMPIONS : Basel Vs City: Ogah Senasib dengan Tetangga

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester City merayakan gol. (JIBI/REUTERS/Andrew Yates)

Liga Champions akan menyajikan laga Basel vs Manchester City.

Solopos.com, BASEL — Basel mungkin tim yang terlemah di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Namun, kelolosan tim asal Swiss ini dari fase grup bukan sekadar keberuntungan.

Advertisement

Basel lolos ke babak 16 besar setelah finis kedua di belakang Manchester United pada fase Grup A. Tim asal Swiss ini bahkan membuat kejutan dengan mengalahkan United 1-0 di St. Jakob Park pada fase grup lalu. Basel sebagai satu-satunya tim yang mampu menundukkan Setan Merah, julukan United, di Grup A itu.

Di babak 16 besar, Basel akan berjumpa dengan tetangga United, Manchester City. Basel tentu berharap bisa mengulang kemenangan atas United ketika menjamu City pada leg pertama babak 16 besar di St. Jakob Park, Basel, Rabu (14/2/2018) pukul 02.45 WIB.

Sebaliknya, City ogah menduplikasi hasil buruk tetangga mereka di St. Jakob Park. Pasukan Josep “Pep” Guardiola berambisi meraih hasil sebaik mungkin di kandang Basel untuk memuluskan langkah mereka lolos ke perempat final.

Advertisement

Guardiola sendiri memiliki kenangan manis di St. Jakob Park saat masih membesut Barcelona. Pelatih berjuluk Filsuf itu membawa Lionel Messi dkk. menang telak 5-0 di kandang Basel pada 2008. Kali ini, Guardiola pun memiliki skuat yang tak kalah mentereng untuk dibawa ke St. Jakob Park.

Guardiola memiliki Sergio Aguero, Kevin de Bruyne, Raheem Sterling, dan David Silva untuk menindas Basel di St. Jakob Park. Pujian khusus diberikan Guardiola kepada De Bruyne setelah playmaker asal Belgia tersebut mencetak hattrick assist saat City melumat Leicester City 5-1 di Liga Premier, akhir pekan lalu. De Bruyne merupakan direjen permainan The Citizens musim ini. Dia sekaligus menjadi pendonor assist paling banyak di antara pemain lain di lima liga top Eropa.

Guardiola berharap besar De Bruyne bisa memimpin rekan-rekannya meraih quadruple musim ini, salah satunya dengan mengangkat trofi Liga Champions. Pelatih Spanyol itu yakin De Bruyne bakal bersaing dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo meraih Ballon d’Or jika anak buahnya itu bisa mengangkat Si Kuping Lebar, julukan trofi Liga Champions.

Advertisement

“Anda harus berada di sana [juara Liga Champions]. Tanpa itu, Anda tidak akan masuk nominasi. Dia tahu dan semua orang tahu untuk berada di sana [bersaing memenangi Ballon d’or], Anda harus menjuarai banyak gelar, gelar, dan gelar. Khususnya yang satu itu [Liga Champions],” ujar Guardiola, seperti dilansir Manchestereveningnews.co.uk, Senin (12/2/2018).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif