Sport
Selasa, 6 Februari 2018 - 14:00 WIB

MOTO GP 2018 : Pembalap Malaysia Selangkah Menuju Yamaha Tech 3

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hafizh Syahrin (Instagram)

Moto GP 2018 akan diikuti tim Yamaha Tech 3.

Solopos.com, SEPANG — Indikasi bergabungnya pebalap Malaysia, Hafizh Syahrin, ke Monster Yamaha Tech3 semakin menguat. Syahrin akan menjalani tes Moto GP bersama Tech3 di Sirkuit Buriram, Thailand, 16-18 Februari 2018.

Advertisement

Spekulasi kepindahan Syahrin ke Tech 3 memang mulai santer setelah Jonas Folger mundur dari Moto GP musim 2018 karena belum pulih dari cedera. Hingga kini Tech 3 belum mengumumkan pembalap pendamping Johann Zarco.

Syahrin belakangan disebut sebagai kandidat terkuat untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Folger. Rider Petronas Raceline itu sudah turun di Moto 2 sejak 2011 dan telah menjalani musim penuh mulai 2014. Kini Syahrin mendapat kesempatan untuk menjajal YZR-M1 bersama Tech3 dalam tes MotoGP di Sirkuit Burira.

Dalam pernyataan di situs Yamaha Racing, Tech3 menyatakan akan mengevaluasi performa dari si pendatang baru untuk memutuskan kemungkinan balapan permanen di musim 2018. “Saya akan mencoba melakukan yang terbaik selama tiga hari di Thailand. Bagi saya, ini adalah mimpi yang jadi nyata bisa mengendarai motor Moto GP,” ujar Syahrin seperti dilansir Crash, Senin (5/2/2018).

Advertisement

Pembalap 23 tahun ini tak menampik masih harus belajar banyak soal tungggangan barunya, Yamaha YZR-M1. Syahrin mengaku bersemangat karena bakal didamping tim yang sangat berpengalaman. Dia menyebut telah berlatih keras selama musim dingin untuk mempersiapkan diri bersama Tech 3.

Dalam tes pramusim di Sepang kemarin, Tech 3 masih memakai jasa Yonny Hernandez untuk menggantikan Folger. Tech 3 berharap bisa segera mengambil keputusan final terkait pengganti Folger musim 2018. “Saya harap bisa menunjukkan kecepatan sejak awal dan membuktikan kepada mereka kemampuan saya,” ujar Syahrin.

Syahrin melakoni debut Grand Prix pada seri Moto 2 di Sepang musim 2011. Semusim berikutnya, ia mencetak sejarah usai keberhasilan merebut podium ketiga di Sepang. Setelah tampil sebanyak empat kali pada 2013, Syahrin akhirnya balapan semusim penuh mulai 2014. Kerja kerasnya lalu terbayar dengan torehan dua podium pada 2017: podium kedua di Misano dan ketiga di Motegi.

Advertisement

“Saya sangat senang dan merasa terhormat memiliki Hafizh Syahrin untuk tes di Buriram. Sejak Jonas Folger memutuskan tidak bisa balapan pada 2018, kami telah mencari siapa yang bisa menjadi pembalap pengganti yang tepat,” ungkap Bos Tech 3, Herve Poncharal, dilansir Motorsport. 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif