Jogja
Senin, 5 Februari 2018 - 18:54 WIB

Bakal Dipindah ke Lapangan Playen, Pedagang Pasar Playen Geram

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masyarakat Ngawu, Playen mendatangi balai Desa Ngawu, Senin (5/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Masyarakat yang mewakili pedagang di Ngawu, Playen menyayangkan pemindahan sementara Pasar Tradisional Playen ke lapangan desa Playen

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Sejumlah warga Ngawu Playen menyayangkan pemindahan sementara Pasar Playen ke lapangan desa Playen yang rencana awalnya di lapangan desa Ngawu, Playen.

Advertisement

Rencana tersebut membuat masyarakat Ngawu geram, karena tidak terlebih dahulu dikomunikasikan dengan masyarakat.

“Tidak ada komunikasi terlebih dahulu ke masyarakat, padahal rencana awal di lapangan desa Ngawu,” ujar Kordinator RT dan RW Desa Ngawu, Suharjono, Senin (5/1/2018).

Masyarakat juga mencurigai ada sesuatu yang tidak beres, karena sejak awal lapangan di Desa Playen tidak menjadi opsi pemindahan sementara itu, saat ini malah langsung jadi pilihan tanpa dikomunikasikan, dan proses pembangunan sudah mulai berjalan.

Advertisement

Pemindahan Pasar Playen tersebut dinilai juga akan berdampak negatif bagi warga masyarakat, karena lebih dari 50% masyarakat Ngawu setiap harinya beraktifitas di pasar itu. Masyarakat akan lebih jauh jika ke pasar dan dampak tidak langsung lainnya juga akan dirasakan.

Sementara itu penanggung jawab Kepala Desa, Ngawu, Suyanto mengatakan pihaknya tidak dapat berbuat banyak terkait permasalahan ini. “Kami tidak dapat berbuat apa-apa, karena Pasar di Ngawu, Pasar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab), kami hanya ketempatan,” ujarnya.

Dia mengatakan hanya dapat menyampaikan aspirasi dari masyarakat tersebut ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Gunungkidul. Suyanto mengatakan semua kewenangan ada di Pemkab.

Advertisement

“Langkah kami kedepan akan mencoba lobby ke Dinas terkait atau Pemkab mempertemukan mereka dengan masyarakat agar tidak ada kesalahpahaman,” ujarnya.

Pemindahan sementara Pasar Playen tersebut, dikarenakan Pasar Playen di Ngawu, Playen akan direvitalisasi. Sehingga untuk sementara memerlukan pasar sementara sekitar dua tahun untuk kelanjutan aktivitas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif